CAPACITY BUILDING PEMETAAN MUTU NONFORMAL
GARDEN PERMATA HOTEL
BANDUNG, 5 JUNI s.d 8 JUNI 2012GARDEN PERMATA HOTEL
| LATIHAN | |||||
| IDENTITAS LEMBAGA | |||||
| 1 | Nama Lembaga : | BETA ENGLISH | |||
| 2 | Status : | Pusat/Cabang/Afiliasi (Coret yang tidak sesuai) | |||
| 3 | Jenis-jenis Program yang diselenggarakan : | ||||
| a. | BAHASA INGGRIS | ||||
| b. | |||||
| c. | |||||
| d. | |||||
| 4 | Surat Ijin operasional lembaga (lampirkan fotocopi dokumen) | ||||
| Nomor : | 45 | ||||
| Tanggal : | 12-Des-11 | ||||
| Diterbitkan oleh : | dinas pendidikan | ||||
| NPWP : | |||||
| 5 | NILEK : | 09202.4.1.0010. | |||
| 6 | Akta Notaris | H. BUDI | |||
| Nomor : | 47 | ||||
| Tanggal : | 11-Des-10 | ||||
| Ditandatangi oleh : | |||||
| 7 | Tanggal bulan dan tahun mulai penyelenggaraan: | ||||
| 8 | Alamat : | Jl. Tengku Sribanun | |||
| No Telepon : | |||||
| No HP : | 8127620849 | ||||
| No Faks : | |||||
| Alamat email : | |||||
| Alamat web site : | |||||
| Petunjuk Pengisian | |||||
| a. | Instrumen berikut berisi butir-butir yang sifatnya check list, rating scale dan pertanyaan terbuka | ||||
| b. | Check list ditandai dengan ¨ (kotak) sedangkan rating scale ditandai dengan o (bulat) | ||||
| c. | Untuk butir yang sifatnya check list Anda dapat memilih lebih dari satu jawaban sesuai kondisi lembaga dengan cara memberi tanda silang (huruf x) pada kotak yang disediakan. | ||||
| d. | Untuk butir yang sifatnya rating scale Anda hanya memilih satu jawaban sesuai kondisi lembaga. | ||||
| e. | Untuk pertanyaan terbuka , tuliskan jawaban Anda pada tempat yang tersedia | ||||
| I. | Standar Pengelola Kursus dan Pelatihan | ||||
| 1.1. | Kualifikasi | ||||
| 1 | Jumlah pengelola = | 3 | |||
| 2 | Jumlah pengelola yang memiliki kualifikasi pendidikan sesuai pekerjaan | 4 | |||
| S1 ke atas = | 1 | ||||
| SMA sederajat = | 1 | ||||
| SMP sederajat = | |||||
| SD sederajat = | |||||
| 3 | Jumlah pengelola yang memiliki pengalaman mengelola kursus dan pelatihan lebih dari 3 tahun | 2 | |||
| 4 | Jumlah seminar, worksop, pelatihan terkait dengan kursus dan pelatihan yang diikuti pengelola 1 tahun terakhir: | 4 | |||
| X | o > 2 kali | 1 | |||
| o 2 kali | 0 | ||||
| o 1 kali | 0 | ||||
| o belum pernah | 0 | ||||
| 1.2. | Kompetensi Kepribadian | ||||
| 5 | Upaya yang dilakukan pengelola kursus dan pelatihan untuk menjadi teladan dalam komunitas kursus dan pelatihan adalah: | 2 | |||
| ¨ Menjalankan ibadah yang sesuai dengan norma yang dianut | 0 | ||||
| ¨ Hadir tepat waktu | 0 | ||||
| X | ¨ Membiasakan sikap saling menghormati | 1 | |||
| X | ¨ Mengkondisikan suasana akrab misalnya dengan saling menyapa | 1 | |||
| 6 | Upaya yang dilakukan untuk membangun integritas kepribadian sebagai pengelola adalah memiliki: | 3 | |||
| X | ¨ Komitmen terhadap tugasnya | 1 | |||
| X | ¨ Rencana kerja yang jelas | 1 | |||
| X | ¨ Ketegasan dalam menerapkan aturan | 1 | |||
| ¨ Keterbukaan terhadap kritikan yang membangun | 0 | ||||
| ¨ Kemampuan menyelesaikan masalah secara tuntas | 0 | ||||
| 7 | Untuk meningkatkan kemampuan mengelola kursus dan pelatihan, pengembangan diri pengelola dilakukan melalui: | 3 | |||
| X | ¨ Pendidikan formal | 1 | |||
| X | ¨ Pelatihan | 1 | |||
| X | ¨ Workshop/loka karya | 1 | |||
| ¨ Seminar | 0 | ||||
| 8 | Upaya yang dilakukan pengelola agar komitmen pada tugas adalah: | 3 | |||
| X | ¨ Bersemangat dalam menyelesaikan tugas | 1 | |||
| ¨ Mampu mengendalikan diri dalam menyelesaikan masalah | 0 | ||||
| X | ¨ Memiliki prinsip hidup | 1 | |||
| 9 | Sikap terbuka terhadap rekan kerja, pengelola, pemilik, dan warga belajar ditunjukkan dengan : | ||||
| X | ¨ Bersedia menerima kritik | 0 | |||
| ¨ Bersedia memberikan dan menerima pendapat | 0 | ||||
| ¨ Kemampuan membangun forum komunikasi aktif | 0 | ||||
| 0 | |||||
| 1.3. | Kompetensi Manajerial | ||||
| 10 | Pengelola memiliki kompetensi manajerial dalam merencanakan program dengan melakukan analisis : | 2 | |||
| X | ¨ Kekuatan | 1 | |||
| ¨ Kelemahan | 0 | ||||
| X | ¨ Ancaman | 1 | |||
| ¨ Peluang | 0 | ||||
| 11 | Untuk mewujudkan program kursus dan pelatihan yang baik, pengelola memiliki : | 2 | |||
| ¨ Rencana Jangka Panjang (25 tahun) | 0 | ||||
| ¨ Rencana jangka menengah (10 tahun) | 0 | ||||
| ¨ Rencana jangka pendek (5 tahun) | 0 | ||||
| X | ¨ Rencana operasional 1 tahun | 1 | |||
| X | ¨ Kalender kerja | 1 | |||
| 12 | Untuk menjamin terlaksananya organisasi yang sehat pengelola kursus dan pelatihan memiliki | 1 | |||
| X | ¨ Visi dan misi | 1 | |||
| ¨ Struktur organisasi | 0 | ||||
| ¨ Memiliki pembagian tugas dan peran | 0 | ||||
| ¨ Memiliki standar operasional prosedur (SOP) | 0 | ||||
| 13 | Dalam penyusunan rencana strategis (renstra) pengelola memberdayakan : | 1 | |||
| X | ¨ Pemilik | 1 | |||
| ¨ Pendidik | 0 | ||||
| ¨ Sumber teknis | 0 | ||||
| ¨ Pembimbing | 0 | ||||
| ¨ Stake holder | 0 | ||||
| 14 | Promosi program kurus dan pelatihan yang dilakukan pengelola melalui media berikut ini : | 1 | |||
| ¨ Televisi | 0 | ||||
| ¨ Radio | 0 | ||||
| ¨ Internet | 0 | ||||
| ¨ Media cetak (koran/majalah) | 0 | ||||
| X | ¨ Liflet | 1 | |||
| ¨ Roadshow ke stake holder | 0 | ||||
| 15 | Program kursus dan pelatihan memiliki dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) berikut ini : | 2 | |||
| X | ¨ Dokumen Penerimaan dan seleksi warga belajar | 1 | |||
| ¨ Dokumen Penerimaan pendidik dan tenaga kependidikan | 0 | ||||
| X | ¨ Dokumen Administrasi keuangan | 1 | |||
| ¨ Dokumen Kemitraan dan Kerjasama | 0 | ||||
| ¨ Dokumen Pengembangan SDM. | 0 | ||||
| 16 | Program kursus dan pelatihan melaksanakan Standar Operasional Prosedur dalam kegiatan sbb: | 2 | |||
| X | ¨ Penerimaan dan seleksi warga belajar | 1 | |||
| X | ¨ Penerimaan pendidik dan tenaga kependidikan | 1 | |||
| ¨ Administrasi keuangan | 0 | ||||
| ¨ Kemitraan dan Kerjasama | 0 | ||||
| ¨ Pengembangan SDM | 0 | ||||
| 17 | Pertanggungjawaban keuangan dibuat dalam bentuk dokumen keuangan yang mencakup: | 4 | |||
| X | ¨ Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Lembaga/RAPBL | 1 | |||
| X | ¨ Buku Pemasukan Uang | 1 | |||
| X | ¨ Buku Pengeluaran Uang | 1 | |||
| X | ¨ Laporan Keuangan tahunan | 1 | |||
| 18 | Rencana supervisi untuk mengembangkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan tertuang dalam: | 2 | |||
| X | ¨ Dokumen perencanaan supervisi | 1 | |||
| ¨ Dokumen pelaksanaan supervisi | 0 | ||||
| X | ¨ Dokumen tindak lanjut supervisi | 1 | |||
| ¨ Dokumen layanan bimbingan supervise | 0 | ||||
| 19 | Pengelola program kursus dan pelatihan memiliki dokumen rencana evaluasi dalam bentuk berikut ini: | 3 | |||
| X | ¨ Dokumen perencanaan evaluasi | 1 | |||
| X | ¨ Dokumen pelaksanaan evaluasi | 1 | |||
| X | ¨ Dokumen tindak lanjut hasil evaluasi | 1 | |||
| ¨ Dokumen perbaikan mutu program | 0 | ||||
| ¨ Dokumen pelaporan hasil evaluasi | 0 | ||||
| 20 | Pemantauan program kursus dan pelatihan oleh pengelola tercatat pada dokumen sebagai berikut : | 3 | |||
| X | ¨ Perencanaan pemantauan | 1 | |||
| X | ¨ Pelaksanaan pemantauan | 1 | |||
| ¨ Tindak lanjut hasil pemantauan | 0 | ||||
| X | ¨ Perbaikan pemantauan | 1 | |||
| ¨ Pelaporan hasil pemantauan | 0 | ||||
| 1.4. | Kompetensi kewirausahaan | ||||
| 21 | Pengelola kursus dan pelatihan memiliki manajemen resiko, dengan komponen-komponen sebagai berikut : | 4 | |||
| X | ¨ Dokumen tentang identifikasi produk usaha, pasar cara pemasaran | 1 | |||
| X | ¨ Dokumen peluang dan antisipasi resiko | 1 | |||
| X | ¨ Dokumen tentang cara untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi | 1 | |||
| 22 | Pengelola kursus dan pelatihan memiliki program pengembangan yang ditunjukan dengan dokumen: | 3 | |||
| X | ¨ Jenis-jenis pengembangan kursus dan pelatihan | 1 | |||
| X | ¨ Inovasi pengelolaan SDM, pemasaran dan keuangan | 1 | |||
| X | ¨ Business plan | 1 | |||
| ¨ Berbagai model kursus dan pelatihan | 0 | ||||
| 23 | Untuk mengembangkan kursus dan pelatihan pengelola memanfaatkan peluang yang dibuktikan dengan : | 2 | |||
| X | ¨ Dokumen kerjasama dalam permodalan | 1 | |||
| ¨ Dokumen kerjasama dalam pemasaran | 0 | ||||
| X | ¨ Dokumen kerjasama dalam penemapatan lulusan | 1 | |||
| ¨ Dokumen kerjasama pengembangan SDM | 0 | ||||
| ¨ Dokumen kerjasama uji kompetensi | 0 | ||||
| 24 | Kegiatan yang dilakukan pengelola untuk membangun citra lembaga kursus dan pelatihan adalah : | 3 | |||
| ¨ Mengadakan program corporate social responbility (CSR) | 0 | ||||
| X | ¨ Menampilkan keunggulan-keunggulan lembaga melalui kegiatan promosi | 1 | |||
| X | ¨ Memiliki dokumen succes story | 1 | |||
| 25 | Untuk mengembangkan Lembaga kursus dan pelatihan pengelola memiliki kegiatan : | 2 | |||
| ¨ Bukti kerjasama dan kemitraan sesama lembaga kursus dan pelatihan | 0 | ||||
| ¨ Bukti sosialisasi CSR | 0 | ||||
| X | ¨ Bukti MoU dengan para stake holder | 1 | |||
| 1.5. | Kompetensi Sosial | ||||
| 26 | Pengelola kursus dan pelatihan memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah sosial dengan kegiatan : | 2 | |||
| ¨ Memberikan beasiswa atau keringanan biaya bagi masyarakat tidak mampu | 0 | ||||
| X | ¨ Memberikan sumbangan materil dalam kegiatan di masyatakat | 1 | |||
| ¨ Terlibat aktif dalam kegiatan sosial keagamaan | 0 | ||||
| 27 | Untuk membangun komunikasi dan hubungan kolegial yang baik pengelola kursus dan pelatihan melakukan : | 2 | |||
| X | ¨ Pertemuan rutin setiap triwulan | 1 | |||
| ¨ Pertemuan setiap bulan | 0 | ||||
| ¨ Pertemuan setiap pekan | 0 | ||||
| x | ¨ Insidental kalau ada keperluan | 1 | |||
| 28 | Pertemuan rutin lembaga kursus dan pelatihan dihadiri oleh | 3 | |||
| X | ¨ Pemilik | 1 | |||
| X | ¨ Pengelola | 1 | |||
| x | ¨ Pendidik | 1 | |||
| ¨ Pembimbing | 0 | ||||
| ¨ Teknisi sumber belajar | 0 | ||||
| 29 | Metode/media yang dilakukan pengelola dalam pertemuan rutin adalah: | 2 | |||
| X | ¨ Tatap muka | 1 | |||
| X | ¨ Jejaring sosial melalui internet | 1 | |||
| ¨ Tulisan di media cetak | 0 | ||||
| ¨ Siaran radio | 0 | ||||
| ¨ Tayangan TV | 0 | ||||
| II. | Pembimbing (Instruktur) | ||||
| 2,1 | Kualifikasi dan pengalaman kerja. | ||||
| 30 | Jumlah pembimbing = | 3 | |||
| 31 | Kualifikasi pendidikan pembimbing pada kursus dan pelatihan yang ada saat ini. | 1 | |||
| Diatas S-1 = | |||||
| S-1/DIV = | 1 | ||||
| DI – DIII = | 1 | ||||
| SMA kebawah = | 5 | ||||
| 32 | Jumlah pembimbing yang memiliki sertifikat kompetensi keahlian pada kursus dan pelatihan saat ini = | 5 | |||
| 33 | Jumlah pembimbing kursus dan pelatihan yang memiliki pengalaman sesuai dengan bidang keahlian 3 tahun atau lebih = | 4 | |||
| 2,2 | Kompetensi Pedagogik | ||||
| 34 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu mendeskripsikan: karakteristik fisik, psikis, sosial, dan budaya peserta didik dengan baik = | 2 | |||
| 35 | Untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik, pembimbing memperhatikan hal-hal sebagai berikut: | 3 | |||
| X | ¨ Kriteria ketuntasan minimal kompetensi peserta didik | 1 | |||
| X | ¨ Tingkat kompetensi yang telah dikuasai peserta didik | 1 | |||
| X | ¨ Perbedaan pencapaian kompetensi peserta didik secara individual | 1 | |||
| ¨ Model evaluasi dan remedial bagi peserta didik | 0 | ||||
| 36 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan mendeskripsikan kemampuan peserta didik dengan memperhatikan: | 1 | |||
| X | ¨ Kemampuan mendeskripsikan skill individu peserta didik | 1 | |||
| ¨ Kemampuan mendekripsikan sikap individu peserta didik | 0 | ||||
| ¨ Kemampuan mendeskipsikan tingkat partisipasi individu peserta didik | 0 | ||||
| ¨ Kemampuan mendiskripsikan tingkat ujuk kerja peserta didik | 0 | ||||
| 37 | Pembimbing kursus dan pelatihan yang mampu mendeskripsikan bakat, minat, dan potensi lingkungan warga belajar sebagai dasar untuk membantu memilih pekerjaan, karier, dan berwirausaha adalah = | 2 | |||
| 38 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan mampu mendeskripsikan gaya belajar peserta didik dengan memperhatikan | 1 | |||
| X | ¨ Auditorial peserta didik | 1 | |||
| ¨ Visual peserta didik | 0 | ||||
| ¨ Kinestetik peserta didik | 0 | ||||
| ¨ Behavior peserta didik | 0 | ||||
| 39 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan mampu mendeskripsikan kebiasaan belajar peserta didik mencakup: | 2 | |||
| X | ¨ Logika peserta didik | 1 | |||
| X | ¨ Bahasa peserta didik | 1 | |||
| ¨ Etika peserta didik | 0 | ||||
| ¨ estetika peserta didik | 0 | ||||
| 40 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu menerapkan prinsip belajar pedagogik dalam menyelenggarakan program bimbingan = | 1 | |||
| 41 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu menerapkan prinsip belajar andragogik dalam program bimbingan = | 1 | |||
| 42 | Pembimbing kursus dan pelatihan yang mampu menerapkan prinsip bimbingan yang sesuai dengan karakteristik warga belajar dalam menyelenggarakan program bimbingan = | ||||
| 43 | Penerapan model dan pendekatan bimbingan yang dilakukan pembimbing pada kursus dan pelatihan mencakup: | 2 | |||
| X | ¨ Pengelompokan berdasarkan tingkat kesulitan materi pembelajaran peserta didik | 1 | |||
| ¨ Pengelompokan berdasarkan minat dan pilihan materi pembelajaran peserta didik | 0 | ||||
| X | ¨ Pengelompokan berdasarkan tingkat partisipasi dan prestasi peserta didik | 1 | |||
| ¨ Pengelompokan berdasarkan lingkungan domisili peserta didik | 0 | ||||
| 44 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan mampu mengenali model dan pendekatan bimbingan berdasarkan : | 1 | |||
| ¨ Tingkat kesulitan materi pembelajaran peserta didik | 0 | ||||
| X | ¨ Minat dan pilihan materi pembelajaran peserta didik | 1 | |||
| ¨ Tingkat partisipasi dan prestasi peserta didik | 0 | ||||
| ¨ Lingkungan domisili peserta didik | 0 | ||||
| 45 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan menerapkan model dan pendekatan bimbingan untuk mendorong kemandirian belajar dan bekerja di dunia industri atau usaha berdasarkan: | 1 | |||
| ¨ Kompetensi yang dimiliki peserta didik | 0 | ||||
| X | ¨ Minat dan pilihan peserta didik | 1 | |||
| ¨ Tingkat prestasi peserta didik | 0 | ||||
| ¨ Lingkungan domisili peserta didik | 0 | ||||
| 46 | Dalam merancang dan melaksanakan program bimbingan, pembimbing mampu melakukan hal berikut ini | 1 | |||
| X | ¨ Menganalisa kebutuhan belajar peserta didik | 1 | |||
| ¨ Menganalisa bakat dan minat peserta didik | 0 | ||||
| ¨ Menganalisa dan menetapkan pengetahuan awal peserta didik | 0 | ||||
| ¨ Menganalisa dan menetapkan kelompok belajar peserta didik | 0 | ||||
| 47 | Jumlah pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu menganalisis kemampuan awal peserta didik = | 1 | |||
| 48 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu merumuskan tujuan bimbingan sesuai dengan isi pendidikan kecakapan hidup = | 1 | |||
| 49 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan mampu merancang dan menetapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam bentuk: | 3 | |||
| X | ¨ Standar kompetensi lulusan (SKL) | 1 | |||
| ¨ Kurikulum | 0 | ||||
| X | ¨ Silabus | 1 | |||
| X | ¨ Rancangan pembelajaran (RPP) | 1 | |||
| 50 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan mampu menerapkan prosedur dan teknik penilaian dengan menyusun: | 2 | |||
| X | ¨ Kisi-kisi soal | 1 | |||
| ¨ Kartu soal | 0 | ||||
| X | ¨ Instrumen tes | 1 | |||
| ¨ Pedoman penskoran | 0 | ||||
| 51 | Metode yang digunakan oleh pembimbing dalam memotivasi dan memandirikan peserta didik mencakup: | 4 | |||
| X | ¨ Ceramah | 1 | |||
| X | ¨ Diskusi | 1 | |||
| X | ¨ Project work | 1 | |||
| X | ¨ Tugas mandiri | 1 | |||
| ¨ …………… | lainnya | 0 | |||
| 52 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu menganalisis hasil penilaian bimbingan = | 1 | |||
| 53 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu melaksanakan kegiatan pembinaan karier = | ||||
| 2.3. | Kompetensi Kepribadian | ||||
| 54 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang berperilaku sesuai dengan nilai agama yang dianut untuk mengembangkan motivasi belajar dan bekerja pada warga belajar = | 1 | |||
| 55 | Pembimbing yang mampu menunjukkan integritas pribadi dan dapat menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat dengan cara adil, manusiawai, budi pekerti yang luhur, dan toleransi = | 1 | |||
| 56 | Pembimbing yang mampu menunjukkan integritas pribadi, dan dapat menjadi teladan bagi peserta didik dengan bersemangat, bertanggung jawab,stabil, menjadi infirator,motivator, dan berprestasi = | 1 | |||
| 57 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu menjadi teladan bagi warga belajar dan masyarakat = | 1 | |||
| 58 | Rata-rata sikap bijak pembimbing terhadap warga belajar sebagai upaya memahami, membantu, dan mengembangkan potensinya: | 3 | |||
| o Sangat baik | 0 | ||||
| X | o Baik | 1 | |||
| o Kurang | 0 | ||||
| o Sangat Kurang | 0 | ||||
| 59 | Rata-rata sikap penuh perhatian pembimbing terhadap permasalahan peserta didik dalam belajar dan pengembangan karier: | 3 | |||
| o Sangat baik | 0 | ||||
| X | o Baik | 1 | |||
| o Kurang | 0 | ||||
| o Sangat Kurang | 0 | ||||
| 2,4 | Kompetensi Sosial | ||||
| 60 | Kemampuan pembimbing berkomunikasi dengan baik teman sejawat dan masyarakat: | 1 | |||
| X | ¨ ringkas dan jelas | 1 | |||
| ¨ simpatik | 0 | ||||
| ¨ empatik | 0 | ||||
| ¨ santun | 0 | ||||
| 61 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu melakukan kerjasama dengan satuan pendidikan nonformal dalam menambah jangkauan sasaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran = | 1 | |||
| 2,5 | Kompetensi Profesional | ||||
| 62 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu menerapkan prinsip belajar pedagogik dalam menyelenggarakan program bimbingan = | 2 | |||
| 63 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu menerapkan prinsip belajar andragogik dalam menyelenggarakan program bimbingan = | 2 | |||
| 64 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu membantu warga belajar memanfaatkan kemampuan dan keterampilan dalam memilih karier = | 2 | |||
| 65 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu memfasilitasi hubungan kerja sama antara lembaga kursus dan pelatihan dengan dunia industri atau usaha mandiri = | 2 | |||
| 66 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan mampu menganalisis permasalahan yang dihadapi lulusan dalam bekerja di dunia industri dan usaha mandiri = | 2 | |||
| 67 | Pembimbing pada kursus dan yang mampu melakukan pendampingan warga belajar dalam menerapkan hasil belajarnya di dunia industri dan usaha mandiri = | 2 | |||
| 68 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu mengembangkan kreativitas warga belajar dalam menghadapi tantangan hidup = | 2 | |||
| 69 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu menfasilitasi hubungan kerjasama antara lembaga kursus dan pelatihan dengan sekolah = | 2 | |||
| 70 | Pembimbing pada kursus dan pelatihan yang mampu memfasilitasi hubungan kerjasama antara lembaga kursus dan pelatihan dengan pemerintah = | 2 | |||
| III | Penguji | ||||
| 3.1. | Kualifikasi Pendidikan | ||||
| 71 | Jumlah penguji = | 3 | |||
| 72 | Jumlah penguji yang pendidikan terakhirnya sesuai dengan persyaratan penguji kursus = | 1 | |||
| 73 | Jumlah penguji yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 3 tahun = | 1 | |||
| 74 | Jumlah penguji kursus yang telah memiliki sertifikat kompetensi = | 1 | |||
| 3.2. | Kompetensi Pedagogik | ||||
| 75 | Jumlah penguji kursus yang mahami karakteristik peserta uji kompetensi dari aspek fisik, sosial-emosional, moral dan budaya = | 1 | |||
| 76 | Jumlah penguji yang memahami penilaian hasil pembelajaran dan mampu mendeskripsikan kompetensi bidang keahlian yang diujikan = | 1 | |||
| 77 | Jumlah penguji yang memahami konsep yang diujikan = | 1 | |||
| 78 | Jumlah penguji kursus yang memahami prosedur uji kompetensi = | 1 | |||
| 3.3. | Kompetensi Kepribadian | ||||
| 79 | Penguji kursus dalam melaksanakan tugasnya memperhatikan karakteristik peserta uji kompetensi yang meliputi: | 1 | |||
| ¨ agama | 0 | ||||
| X | ¨ adat istiadat | 1 | |||
| ¨ asal daerah | 0 | ||||
| ¨ jenis kelamin | 0 | ||||
| 80 | Tanggung jawab penguji kursus dalam melaksanakan tugasnya | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 81 | Tingkat kepercayaan diri para penguji kursus dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 82 | Tingkat kemandirian dan profesionalisme para penguji kursus dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 83 | Kemampuan para penguji kursus dalam menghayati, menerapkan, dan berperilaku sesuai dengan kode etik profesi penguji. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 3.4. | Kompetensi Sosial | ||||
| 84 | Keterbukaan para penguji kursus terhadap peserta uji kompetensi, teman sejawat, lingkungan sekitar dan anggota masyarakat lainnya. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 85 | Objektivitas para penguji kursus terhadap peserta uji kompetensi, teman sejawat, lingkungan sekitar dan anggota masyarakat lainnya. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 86 | Kemampuan para penguji kursus dalam berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta uji kompetensi. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 87 | Kemampuan para penguji kursus dalam berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan teman sejawat | 3 | |||
| o Sangat baik | 0 | ||||
| X | o Baik | 1 | |||
| o Kurang | 0 | ||||
| o Sangat kurang | 0 | ||||
| 88 | Kemampuan para penguji kursus dalam berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan masyarakat sekitar. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 89 | Kemampuan para penguji kursus dalam membangun kerjasama dengan teman seprofesi dan profesi lainnya untuk peningkatan kualitas kerja dan mengomunikasikan hasil inovasi kepada komunitas seprofesi. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 3.5. | Kompetensi Profesional | ||||
| 90 | Rata-rata pemahaman para penguji kursus tentang konsep dasar ilmu pengetahuan dan fungsi yang mendasari bidang keahlian yang diujikan. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 91 | Rata-rata penguasan para penguji kursus terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan sesuai bidang keahlian. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 92 | Rata-rata penguasaan para penguji kursus terhadap Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dalam dunia industri dan usaha mandiri sesuai bidang keahlian yang diujikan. | 0 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| o Tinggi | 0 | ||||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 93 | Rata-rata penguasaan para penguji kursus tentang cara mengidentifikasi indikator unjuk kerja yang menyeluruh dan seimbang antar komponen kurikulum sesuai bidang keahlian dan kebutuhan dunia industri serta usaha mandiri | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 94 | Rata-rata penguasaan para penguji kursus tentang cara menyusun instrumen ujian teori dan praktik untuk mengukur kompetensi sesuai kebutuhan dunia industri dan usaha mandiri. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 95 | Rata-rata pemahaman para penguji kursus tentang cara memvalidasi instrumen uji kompetensi. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 96 | Rata-rata pemahaman para penguji kursus tentang cara merakit instrumen uji kompetensi. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 97 | Rata-rata pemahaman dan penguasaan para penguji kursus tentang cara melaksanakan kegiatan uji kompetensi. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 98 | Rata-rata pemahaman dan penguasaan para penguji kursus tentang cara menganalisis dan memberi keputusan hasil uji kompetensi. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 99 | Kemampuan para penguji kursus dalam merumuskan tindak lanjut untuk perbaikan pelaksanaan pengujian | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | ` | 0 | |||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 100 | Rata-rata kemampuan para penguji kursus dalam mengadministrasikan hasil uji kompetensi. | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| IV | Teknisi Sumber Belajar Kursus dan Pelatihan | ||||
| 4.1. | Kualifikasi | ||||
| 101 | Jumlah teknisi sumber belajar yang ada = | 1 | |||
| 102 | Jumlah teknisi sumber belajar berdasarkan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kursus dan pelatihan: | ||||
| S-1 atau D-IV = | |||||
| D-III = | |||||
| SMA atau sederajat = | |||||
| SMP atau sederajat = | |||||
| 103 | Teknisi sumber belajar diikut sertakan dalam program peningkatan mutu berikut: | 2 | |||
| ¨ Pendidikan jalur formal | 0 | ||||
| X | ¨ Pelatihan jalur non formal | 1 | |||
| ¨ Uji kompetensi | 0 | ||||
| X | ¨ Seminar, lokakarya, dan kursus singkat lainnya | 1 | |||
| 104 | Jumlah teknisi sumber belajar yang telah mengikuti program peningkatan mutu sesuai kebutuhan sumber belajar kursus dan pelatihan = | ||||
| 4.2. | Kompetensi Kepribadian | ||||
| 105 | Teknisi sumber belajar, di lembaga kursus dan pelatihan telah mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, mantap, berakhlak mulia dan bertindak secara konsisten | 2 | |||
| ¨ Bertindak jujur | 0 | ||||
| ¨ Berperilaku bijaksana | 0 | ||||
| X | ¨ Telah mandiri | 1 | |||
| X | ¨ Berpenampilan rapi dan sopan | 1 | |||
| 106 | Teknisi sumber belajar, di lembaga kursus dan pelatihan telah memiliki komitmen terhadap tugasnya | 3 | |||
| X | ¨ Disiplin dalam bertugas | 1 | |||
| X | ¨ Beretos kerja tinggi | 1 | |||
| X | ¨ Mencintai pekerjaannya | 1 | |||
| ¨ Bertanggung jawab terhadap tugas, tekun, cermat, teliti dan hati-hati dalam melaksanakan tugas | 0 | ||||
| 4.3. | Kompetensi Sosial | ||||
| 107 | Teknisi sumber belajar pada kursus dan pelatihan mampu berkomunikasi dengan baik dengan teman sejawat dan masyarakat | 2 | |||
| X | ¨ Berkomunikasi dengan ringkas dan jelas | 1 | |||
| X | ¨ Berkomunikasi dengan simpatik | 1 | |||
| ¨ Berkomunikasi dengan menunjukan empatik | 0 | ||||
| ¨ Berkomunikasi dengan santun | 0 | ||||
| 108 | Rata-rata teknisi sumber belajar di lembaga kursus dan pelatihan yang memahami karakteristik dan kepribadian mitra kerja | 3 | |||
| o Sangat tinggi | 0 | ||||
| X | o Tinggi | 1 | |||
| o Rendah | 0 | ||||
| o Sangat rendah | 0 | ||||
| 109 | Jumlah teknisi sumber belajar di lembaga kursus dan pelatihan yang mampu berkomunikasi dengan menggunakan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) browsing internet, email, faximili, video conference = | 1 | |||
| 110 | Rata-rata kemampuan teknisi sumber belajar berkomunikasi ke berbagai pihak secara efektif, santun, dan empatik: | 3 | |||
| o Sangat baik | 0 | ||||
| X | o Baik | 1 | |||
| o Kurang baik | 0 | ||||
| o Tidak baik | 0 | ||||
| 111 | Jumlah teknisi sumber belajar di lembaga kursus dan pelatihan yang mendukung pencapaian visi, misi dan tujuan lembaga = | 2 | |||
| 4.4. | Kompetensi Profesional Umum | ||||
| 112 | Jumlah teknisi sumber belajar di lembaga kursus dan pelatihan yang mampu menginventarisasi kebutuhan bahan, peralatan, dan suku cadang sumber belajar = | 1 | |||
| 113 | Jumlah teknisi sumber belajar di lembaga kursus dan pelatihan yang mampu memanfaatkan katalog sebagai acuan dalam menginventarisasi kebutuhan bahan, peralatan dan suku cadang sumber belajar = | 1 | |||
| 114 | Jumlah teknisi sumber belajar di lembaga kursus dan pelatihan yang menyusun daftar kebutuhan perkakas, serta jadwal perawatan, dan perbaikan peralatan sumber belajar = | 1 | |||
| 115 | Jumlah teknisi sumber belajar di lembaga kursus dan pelatihan yang memiliki sistem dokumentasi bahan, peralatan, dan fasilitas sumber belajar = | 1 | |||
| 116 | Jumlah teknisi sumber belajar di lembaga kursus dan pelatihan yang dapat mengatur tata letak bahan dan peralatan praktik dengan baik = | 1 | |||
| 117 | Jumlah teknisi sumber belajar di lembaga kursus dan pelatihan yang menyusun laporan kegiatan teknisi secara rutin = | 1 | |||











Tidak ada komentar:
Posting Komentar