Rabu, 30 Mei 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd. Manfaat Kelapa

MANFAAT KELAPA

Oleh: Dra. ASMIDA, M. Pd

Rasanya sangat keterlaluan bila ada orang yang tidak mengenal kelapa. Berdasarkan pengamatan pokok kelapa hampir tumbuh subur diseluruh pelosok negeri ini, hampir seluruh pantai di ditumbuhi pohon kelape, lambaian daun kelapa dengan tiupan angin laut menambah indahnye tarian ombak ketepi pantai. Dalam suasana terik mentari seperti sekarang  yang semakin menambah panasnya kota pekanbaru (yang memang sudah  sangat panas), buah kelapa muda salah satu yang  menjadi incaran pelepas dahaga. Secare umum beberape manfaat dari pohon kelape di tinjau dari beberape segi:
Pohon Kelapa di Belakang Rumah di Kota Lama
Fhoto: Koleksi Pribadi.

1. Daun kelapa
Dulu saat sapu belum merajalela seperti sekarang, lidi yang diambek dari daun kelape yang telah masak merupekan salah satu primadona untuk membersihkan rumah maupun pekarangan. Maklum pekarangan pade mase itu seperti rumah kami, banyak ditumbuhi pokok yang dapat dimanfaatkan seperti pokok mempelam, pokok betik, pokok kelape, sayur -sayuran dsbnye. Pekarangan dibiarkan tidak disemen dibiarkan bernafas bersame rumput yang tumbuh sendiri maupun ditanam. Tinggal merawatnye, supaye lebih rapi. Walau sangat jarang menyapu, bile penulis amati membersihkan rumah dengan sapu lidi yang halus lebih cemerlang hasilnye dari sapu biase apelagi pade bahagian-bahagian sudut yang tak memungkinkan ditarik dengan sapu yang keren pade mase sekarang. Mase penulis di Selat Panjang  kalau perai sekolah, dan tentunye setelah menyelesai tugas sekolah khususnye mata pelajaran favorit Matematika, Fisika dan Biologi, penulis  meraut daun kelape masak yang kadang jatuh dekat pokok menjadi batangan  lidi kemudian diikat sehingge jadilah sapu lidi. Oh ye daun kelape yang masih mude dapat dibuat ketupat yang banyak dijual saat menjelang Hari Raye Idul Fitri maupun Idul Adha, selain itu dapat juge dibuat berbagai hiasan untuk berbagai acara adat maupun tempat makanan seperti tempat itak atau kelamai. Itak yang dimasukkan kekemasan yang dijalin dari daun kelape selain membuat mudah membawa juge itak akan membentuk seperti kemasan jalinan daun kelape. Sungguh cantik saat potongannye dihidangkan.

2. Batang kelapa
 Batang kelape dapat dimanfaatkan sebagai jembatan pade parit kecil, selain itu batang kelape juge dapat dimanfaatkan sebagai bangku setelah dipotong menjadi beberape bahagian, walau tidak tahan lame tapi lumayan cantik diletakkan  untuk penghias taman. Sedangkan kulit batang kelape setelah dibersihkan  juge bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk dinding rumah kebun
 
3. Daging Buah kelapa
Daging buah kelape atau isi kelape pemegang peran utame dalam masakan yang bername gulai menggulai yang menggunekan santan, baik gulai lemak ayam, gulai lemak kambing, gulai lemak kerbau, gulai lemak ikan dsbnye, biasenye akan diambek santan  kelape yang sudah tue. Selain untuk menggulai santan kelape yang tue dapat juge dibuat minyak makan, sedangkan ampas dari santan kelape yang sudah menjadi minyak dapat dimakan rasanye manis dan tentunye berlemak, namun ade juge yang ampas minyak tersebut  sebagai lauk.

4. Sabut kelapa
Sabut kelape bisa digunekan antara lain sebagai alat mencuci piring, dengan care diambil bahagian serabut yang halus disebelah dalamnye, selain itu sabut kelape juge bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan alas kaki, sedangkan kulitnye yang keras dapat dibuat sampan permainan anak-anak. Di Selat Panjang semase saye dan kawan-kawan masih imut-imut, salah satu permainan yang kami buat adelah sampan dari sabut, setelah itu dialirkan di parit besar yang ade depan rumah, belombe-lombe sampan siape yang cepat sampai. Lebih seru lagi kalau air pasang sampai memenuhi pekarangan rumah, kami bisa-bisa seharian bermain dan baru ingat balek kalau tali pinggang sudah tejuntai dekat tepi pintu (hahaha....)

5. Air kelapa

7. Umbut kelapa
Umbut kelape selain dapat dimakan mentah-mentah juge sering digunekan oleh masyarakat di Kota Lama sebagai bahan tambahan (oncah) gulai ayam atau daging. Berdasarkan pengamatan sewaktu penulis mengikuti acara sedekah dikampung, dari dulu sampai sekarang, secare umum kelape yang diambek umbutnye merupekan kelape siempunye hajat (pribadi), biasenye setiap ade sedekah pokok kelape khususnye yang dekat rumah ditebang dan umbutnye diambek untuk oncah gulai.

8. Tempurung kelape
Tempurung kelape selain dapat dimanfaatkan sebagai pengganti kayu bakar juge dimanfaatkan untuk bahan baku kerajinan tangan seperti gantungan kunci, bunga, sendok nasi dsbnye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar