Minggu, 20 Mei 2012

Dra. Raja Muda Asmida, M.Pd.Catatan kecil perjalanan ke Kota Lama

Catatan kecil perjalanan ke Kota Lama
18 MEI s.d 19 Mei 2012
Oleh: Dra. Raja Muda Asmida, M.Pd


Sudah hampir due tahun aku tidak ziarah ke makam ayah Raja Muda Depang dan mak Tengku Sribanun serte makam uwak dan datuk sebelah mak dan ayah begitu pule makam kakakku almarhumah Raja Muda Rosmani. 
Waktu libur, yang beberape hari sejak kamis 17 Mei 2012 merupekan moment yang tepat untuk ziarah kubur mengingat tak lame lagi akan puase, selain itu juge  sekaligus refresing dari rutinitas kantor maupun rutinitas lainnye.
Kami berangkat dari Pekanbaru tgl 18 Mei 2012, ikut dalam rombongan kakakku RM. Asmiwati dan anaknye Anggi (menyempatkan diri datang dari Selat Panjang untuk same2x berziarah kemakam orang tue kami), kemudian RM. Sarfini dan anaknye dedy sekaligus sebagai supir, kemudian kemenakanku yanti dan anaknye ai yang dapat ikut, yang lain harus sekolah, sedangkan kemenakanku Farida sudah pulang hari libur sebelumnye


Fhoto saat ziarah di makam Ibunda Hjh. Tengku Sribanun dan Ayahanda H. Raja Muda Depang di Pemakaman Keluarga yang tidak berape jauh dari Istana Kunto Darussalam














 Setelah selesai berdoa di makam orang tue , uwak, datuk kami mengunjungi makam kakanda Rosmani, uwak sebelah ayah yang letaknye tidak berape jauh dari pemakaman keluarga, mesjid dan istana serta sungai rokan. Dari hasil pengamatan daerah mesjid lumayan bersih namun plang name mesjid sudah beberape kali penulis melirik tidak kelihatan. 
Walau penat, kami sempatkan juge menengok ke Istana kunto Darussalam. Istana yang seharusnye menjadi aset Kunto Darussalam salah satunye untuk pengembangan objek wisata sejarah terabaikan, padehal istana tersebut merupekan  salah satu tande kite pernah jaya terabaikan, luput dari perhatian pemerintah setempat.




Selesai ziarah menyempatkan diri melihat sungai rokan, istana serta rumah kenangan yang usienye sudah lebih lima puluh tahun




fhoto latar mesjid tertua di Kota Lama (telah di rehab beberape waktu lalu) 

 
ISTANA  KUNTO DARUSSALAM YANG TERABAIKAN
Fhoto Koleksi Pribadi




ISTANA KUNTO DARUSSALAMYANG TERABAIKAN 
Fhoto Koleksi Pribadi






Walau sangat penat, Aku, Dra. Raja Muda ASMIDA, M.Pd dan kakakku  Raja Muda Asmiwati  tetap berkunjung ke Istana ( Gb latar: ISTANA KUNTO DARUSSALAM) 
Fhoto Koleksi Pribadi





Kemenakanda Yanti, kakakku  Raja Muda Asmiwati dan sikecil ai ( Gb latar: ISTANA KUNTO DARUSSALAM)
Fhoto Koleksi Pribadi



 fhoto: Melepas rindu dirumah kenangan
Berfhoto sejenak di salah satu rumah kenangan salah satu rumah terbaik lima puluh tahun yang lalu, terbuat dari kayu pilihan dan atap seng pilihan 

Salah satu tempat yang tetap aku lihat saat berkunjung ke Kota Lama adalah salah satu lahan kebun pemberian ayah dan mak yang letaknya di tepi jalan besar menuju ke Ujung Batu. Mudah2xan suatu hari nanti lahan ini dapat menjadi salah satu cabang L2PTS di Kota Lama.





fhoto: Salah satu lahan kebun yang didalamnye ditumbuhi berbagai jenis tanaman al: pinang, jengkol, rambutan, beberape jenis kayu ) yang diwariskan ayah dan mak untuk aku (Dra. Raja Muda ASMIDA, M. Pd)
Fhoto: Kemenakanku Anggi dan Ai (anak kemenakanku Yanti) bergaya saat istirahat menuju Pekanbaru 

1 komentar: