Rabu, 16 Mei 2012

Dra. RM. ASMIDA, M. Pd. Sepokok Tebu Gule

Sepokok Tebu Gule
Oleh: Dra. RM. ASMIDA, M. Pd













Menengok tebu gule yang ade sepokok didepan rumah kami sekarang mengingatkan aku pade kenangan puluhan tahun yang lalu saat kami masih berkumpul bersame. Saat ayah masih jaya sebelum balak macet kire2x tahun 70an akhir. Sepokok tebu gule berjuta kenangan, itulah kalimat yang dapat menggambarkan salah satu kenangan masa keciku di kota Sagu Selat Panjang tersebut.
Mak dan ayah orang yang sangat rajin. Tidak pernah membuang waktu percume, ade aje hal positif yang dikerjekan kalau sedang di Selat Panjang salah satunye dengan menanam berbagai macam sayuran dan tentunye berbagai jenis tebu yang terhampar di belakang rumah sewa yang lumayan luas. Hampir tiap petang balek dari sekolah madrasyah (kalau pagi aku sekolah di SD Negeri 3 Selat Panjang  ), kalau tidak bermain badminton dengan sahabat kecilku satu-satunya laki-laki orang china dekat rumah yang menjadi sahabatku, aku kekebun  menegok ayah membersihkan tanaman tersebut, hampir tiap hari aku makan tebu dan tau care mengupasnye karene memperhatikan ayah dan mak care mengupas tebu.
Suatu hari saat ayah sedang sibuk, aku mencobe mengupas sendiri tebu yang baru aku tebang. Entah mengape hari itu aku ingin mengupas pakai pisau, padehal biasenya aku mengokang langsung pakai gigi dimane dan saat kapanpun (saat itu gigi masih sangat kuat). 

Saking asiknye mengupas tebu aku tak sadar pisau tajam yang baru diasah mendarat di ibu jari tanganku yang comel, darah bercucuran, perihnye mintak ampun untung tak kene tulang (dasar orang melayu ). Tapi lucunye aku tidak menangis, apelagi minta tolong (habis salah sendiri tidak hati2x). Untuk menghentikan darah aku mengunyah daun ubi yang banyak dekat kebun, kemudian aku tempelkan dekat luke tadi alhasil darah berhenti (care itu aku dapatkan dari mak dan ayah), sampai sekarang bekas luke (parut) itu masih ade walau tidak begitu jelas. Memang luke dapat sembuh tapi parutnye tetap ade. Dengan demikian menurut penulis luke itu pade dasarnye tidak pernah betul2x sembuh.
Oh ye care mengupas tebu tersebut penulis dapat selain dengan orang tue penulis, juge dari guru idola penulis yaitu alm bapak Darie Nontel kepala Sekolah SD Negeri 3 Selat Panjang sekaligus guru Berhitung (Matematika) kami. Pelajaran Berhitung (Matematika) adalah pelajaran yang sangat penulis sukai sejak kecil sampai sekarang dan sampai kapanpun. Menurut penulis Matematika itu adalah seni dan bahasa simbol. Komunikasi yang sangat indah pada dasarnya terjalin oleh untaian komunikasi matematika yang menumbuhkan penalaran yang bermuara pada berpikir kritis. Namun tidak semue orang menyenangi matematika karena kemampuan atau daya tangkap, minat dan bakat manusia berbeda-beda.  
Oh ye kembali ke masalah tebu tadi, biasenye sore hari setelah selesai  kami olahraga, seperti melaksanakan senam, main kasti, belajar baris berbaris, pak Darie Nontel (alm) selalu mengambil tebu yang ditanam dikebun sekolah. Yang menarik menurut pengamatan penulis, saat beliau mengambil tebu tidak langsung ditebang dari pokok yang nampak tetapi memasukkan pisau kedalam tanah kemudian memotongnye dari dalam sehingge tebu yang tumbuh berikutnye menurut pengamatan penulis lebih rapi menjulang tidak menyebar. Oh ye setelah di SD Negeri 3 masuk siang, aku tidak melanjutkan sekolah di madrasyah.
Selain mak Tengku Sribanun (almh), ayah Raja Muda Depang (alm), dan pak Darie Nontel (alm) ade satu orang lagi tapi penulis lupe namenye kami selalu memanggil mak cik (almh) yang berjualan lontong maupun kueh mueh begitu juge tebu di kedai sekolah. Dari pengamatan penulis saat itu, sebelum menjual tebunye (yang hanye beberape pokok dibelakang rumahnye) untuk anak-anak SD Negeri 3, die pasti membersihkan dulu bahagian pade buku tebu dengan care memutar pisau beiringan dengan tebu sehingga tebu bersih.  Setelah itu baru diletakkan diantare jualan yang lain. Aku salah seorang yang membeli tebu tersebut. Keterampilan membersihkan buku tebu tersebut sampai sekarang tetap teringat apelagi saat panen tebu yang sepokok didepan rumah.
Oye walau dirumah banyak tebu, aku tetap akan membeli dimanepun kalau aku sedang haus, misal saat menonton bola kaki bersame dengan pamanku Tengku M.Yusuf (alm) dan anak-anaknye  di lapangan Gelora Selat Panjang kalau tibe2x haus aku langsung mencari penjual dan langsung membeli, begitu juge kalau aku haus saat menonton MTQ bersame mak, dan kakak2xku, kalau haus aku langsung mencari penjual tebu (tentunye mintak duit dulu dengan makku) disela-sela kerumunan orang menonton walaupun hari malam. 
Ade satu cerite sedih yang tidak pernah terlupekan, kehilangan satu-satunye tebu yang paling besar diantare begitu banyak tebu di kebun belakang rumah. Tiap petang aku selalu menengok sebatang tebu tersebut, makin hari die semakin menjulang dengan ruas yang besar hampir sebesar betis orang dewasa. Sore itu sepulang sekolah seperti biase aku singgah menengok sebatang tebu yang sangat besar tersebut (sampai sekarang aku belum pernah menemukan tebu seperti itu) dan itu terakhir kali aku memandang dan membersihkan daun tebu kesayanganku, karena besok harinye aku tidak lagi menemukan tebu itu sepulang sekolah, entah siape mengambilnye, aku sangat sedih dan tidak mampu bercakap lagi saat tak satupun orang yang aku tanye termasuk mak dan ayah juge tidak mengetahui keberadaannye merekepun sangat terkejut. Aku masih ingat saat itu aku berlari menemui ayah yang sedang menanam sayur, "yah, tebu dekat situ mane, ayah menebangnye?" ujarku. "tidak" jawab ayah singkat. Setelah menanyekan ke mak, kakak, aku sadar tebu itu telah ditebang orang. Aku termenung di dekat potongan tebu yang sembarang tebas, ade penyesalan mengape petang semalam aku tidak mengambeknye. Sangat sedih kehilangan yang disayang. 

Sekianlah

2 komentar:

  1. aku ingin tanam tebu yang seperti itu dimana ya ada yang jual bibitnya?

    BalasHapus
  2. igin sekali nanam tebu kuning bergaris ini tapi bibitnya bisa dapat dimana dan nama tebu yang ini jenis apa ya?

    BalasHapus