Jumat, 04 Mei 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd. Jawaban soal no. 1 PERENCANAAN STRATEGIK PENDIDIKAN

JAWABAN SOAL NO. 1
TABEL IFAS, TABEL EFAS, POSITIONING DARI LEMBAGA, RUMUSAN STRATEGI PADA POSISI LEMBAGA YANG DITEMUKAN, YANG DIANJURKAN UNTUK DIADOPSI OLEH LEMBAGA


TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH PERENCANAAN STRATEGIK PENDIDIKAN
Dosen: Prof. Dr. ARIS PONGTULURAN, dr.,MPH


Oleh:
ASMIDA
NOMOR REGISTRASI: 7617101479



PROGRAM STUDI DOKTOR (S3)
MANAJEMEN PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2011



SOAL No. 1:

Sebuah lembaga pendidikan sedang menghadapi lingkungan eksternal yang memberi tantangan yang besar, dengan kondisi internal yang kuat. Manajemen sepakat untuk mengadakan SWOC analysis, dalam rangka menyusun Restra dengan mengidentifikasi factor eksternal dan internal sebagai berikut:

Faktor peluang eksternal dengan bobot terdiri dari:
Kepercayaan masyarakat                     0,14
Kondisi politik                                             0,12
Permintaan pasar                                     0,11
Dukungan pemerintah                            0,08
            Factor tantangan eksternal
                        Hiper kompetisi                             0,16
                        Akses informasi                             0,14
                        Krisis ekonomi                               0,13
Subsidi pemerintah                      0,12
           
            Factor kekuatan internal dengan bobot terdiri dari: 
                        Kepemimpinan professional                 0,16
                        Budaya sekolah/ lembaga                    0,14
                        Akreditasi                                                    0,13
Pengajar berpengalaman                      0,11
           
Factor kelemahan internal terdiri dari:  
                        Kerja tim                                          0,13
                        Kesejahteraan karyawan          0,12
                        Keadaan pembiayaan                 0,11
                        Lokasi sekolah                               0,10

Sebagai konsultan Anda diminta untuk menyusun tabel IFAS, tabel EFAS, dan Positioning dari lembaga. Bagaimana rumusan strategi, pada posisi lembaga yang ditemukan, yang Anda anjurkan untuk diadopsi oleh lembaga?
Dengan catatan:
Bebas menentukan rating dengan memperhatikan kondisi lingkungan strategis.
Untuk factor peluang dan kekuatan gunakan rating 0 s/d +4 (nol s/d plus 4)
Untuk factor tantangan dan kelemahan gunakan Rating 0 s/d -4 ( nol s/d minus 4)

                       






JAWAB:

Menurut Rangkuti, F (2009; 21) Ada tiga tahapan yang harus dilakukan oleh lembaga untuk menyusun perencanaan strategi yaitu: tahap pengumpulan data, tahap analisis, dan tahap pengambilan keputusan

A.  TAHAP PENGUMPULAN DATA
Pada tahap pengumpulan data dibedakan menjadi dua , yaitu factor internal yang bersumber dari lembaga itu sendiri dan factor eksternal yang bersumber dari luar lembaga (perhatikan Tabel. 1)

TABEL 1.
DATA SWOC (Kekuatan, Kelemahan,Peluang dan Tantangan)



FAKTOR INTERNAL
FAKTOR EKSTERNAL
KEKUATAN
§  Kepemimpinan professional
§  Budaya sekolah/ lembaga
§  Akreditasi
§  Pengajar berpengalaman  
PELUANG
§  Kepercayaan masyarakat
§  Kondisi politik
§  Permintaan pasar      
§  Dukungan pemerintah         
KELEMAHAN
§  Kerja tim           
§  Kesejahteraan karyawan
§  Keadaan pembiayaan          
§  Lokasi sekolah  
TANTANGAN
§  Hiper kompetisi
§  Akses informasi
§  Krisis ekonomi
§   Subsidi pemerintah


 Adapun model yang dipakai dalam tahap pengumpulan data,  yaitu  tabel IFAS dan Tabel EFAS.  


1.   TABEL IFAS
Tabel IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary) disusun untuk merumuskan factor-faktor strategis internal dalam kerangka Strength and Weakness lembaga (Perhatikan Tabel 2. Tabel IFAS).

TABEL 2.
TABEL IFAS
FAKTOR EKSTERNAL
BOBOT
RATING
PERINGKAT
PELUANG



Kepercayaan Masyarakat
0,14
4
0,56
Kondisi Politik
0,12
3
0,36
Permintaan Pasar
0,11
2
0,22
Dukungan Pemerintah
0,08
3
0,24
SUB TOTAL
0,45
1,38
TANTANGAN
Hiper Kompetensi
0,16
-1
-0,16
Akses Informasi
0,14
-3
-0,42
Krisis Ekonomi
0,13
-2
-0,26
Subsidi Pemerintah
0,12
-1
-0,12
 SUB TOTAL
0,55
-0,96
TOTAL
1
0,42
1.     TABEL EFAS
Tabel EFAS disusun untuk merumuskan factor-faktor strategis eksternal dalam kerangka Opportunities and Threats lembaga (Perhatikan Tabel 3. Tabel EFAS).

TABEL 3.
TABEL EFAS
FAKTOR EKSTERNAL
BOBOT
RATING
PERINGKAT
PELUANG



Kepercayaan Masyarakat
0,14
4
0,56
Kondisi Politik
0,12
3
0,36
Permintaan Pasar
0,11
2
0,22
Dukungan Pemerintah
0,08
3
0,24
SUB TOTAL
0,45
1,38
TANTANGAN
Hiper Kompetensi
0,16
-1
-0,16
Akses Informasi
0,14
-3
-0,42
Krisis Ekonomi
0,13
-2
-0,26
Subsidi Pemerintah
0,12
-1
-0,12
 SUB TOTAL
0,55
-0,96
TOTAL
1
0,42
 ·         POSITIONING DARI LEMBAGA


TABEL 4.
POSITIONING DARI LEMBAGA

IFAS
EFAS
KEKUATAN
1,78
PELUANG
1,38
KELEMAHAN
-0,96
TANTANGAN
-0,96
RESULTAN
0,82
RESULTAN
0,42



A.  TAHAP ANALISIS

1.   ANALISIS SWOC

TABEL. 5
ANALISIS SWOC

Faktor internal



Faktor eksternal
Kekuatan (S)
S1.Kepemimpinan professional
S2. Budaya sekolah/ lembaga
S3.Akreditasi     
S4. Pengajar berpengalaman
Kelemahan (W)
W1.Kerja tim                     
W2. Kesejahteraan karyawan
W3.  Keadaan pembiayaan
W4. Lokasi sekolah       

Peluang (O)
O1. Kepercayaan masyarakat
O2. Kondisi politik            
O3. Permintaan pasar
O4. Dukungan pemerintah
Menggunakan strategi
S-O
Lembaga memiliki peluang dan kekuatan. Strategi yang perlu dilakukan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif
Menggunakan strategi
W-O
Lembaga memiliki peluang tapi menghadapi kelemahan internal.  Strategi yang perlu dilakukan harus mampu membuat terobosan baru
Ancaman (T)
T1. Hiper kompetisi
T2. Akses informasi     
T3. Krisis ekonomi           
T4. Subsidi pemerintah

Menggunakan strategi
 S-T
Lembaga harus merubah strategi untuk menghadapi berbagai ancaman
Menggunakan strategi
W-T
Posisi lembaga sangat sulit, strategi yang mungkin dapat dilakukan bertahan sampil coba menata lembaga kembali

2.   TABEL MATRIX  SPACE ANALISIS

Matrix  Space Analisis digunakan untuk  mempertajam analisis,  dengan tujuan dapat melihat posisi dan arah perkembangan lembaga.

TABEL. 6
TABEL  MATRIX  SPACE ANALISIS


Text Box: PELUANG
Text Box: KELEMAHAN


TANTANGAN
 

















B.    TAHAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN

§  Dari tahapan analisis, diperoleh Rumusan strategi terdapat pada kuadran 1 (pertama).
§  Hal tersebut sangat menguntungkan lembaga. Lembaga memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
§  Rumusan Strategi yang dianjurkan untuk lembaga adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif  untuk memperoleh kemajuan secara maksimal.



DAFTAR PUSTAKA


Rangkuti (2009). Analisis SWOT Teknik membedah kasus
                  Bisnis . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hand Out  Perencanaan Strategik Pendidikan 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar