JAWABAN SOAL NO. 1
TABEL IFAS, TABEL EFAS, POSITIONING DARI LEMBAGA, RUMUSAN STRATEGI PADA POSISI LEMBAGA YANG DITEMUKAN, YANG DIANJURKAN UNTUK DIADOPSI OLEH LEMBAGA
TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH PERENCANAAN STRATEGIK PENDIDIKAN
Dosen: Prof. Dr. ARIS PONGTULURAN, dr.,MPH
Oleh:
ASMIDA
NOMOR REGISTRASI: 7617101479
PROGRAM STUDI DOKTOR (S3)
MANAJEMEN PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2011
SOAL No. 1:
Sebuah lembaga pendidikan sedang menghadapi lingkungan eksternal yang memberi tantangan yang besar, dengan kondisi internal yang kuat. Manajemen sepakat untuk mengadakan SWOC analysis, dalam rangka menyusun Restra dengan mengidentifikasi factor eksternal dan internal sebagai berikut:
Faktor peluang eksternal dengan bobot terdiri dari:
Kepercayaan masyarakat 0,14
Kondisi politik 0,12
Permintaan pasar 0,11
Dukungan pemerintah 0,08
Factor tantangan eksternal
Hiper kompetisi 0,16
Akses informasi 0,14
Krisis ekonomi 0,13
Subsidi pemerintah 0,12
Factor kekuatan internal dengan bobot terdiri dari:
Kepemimpinan professional 0,16
Budaya sekolah/ lembaga 0,14
Akreditasi 0,13
Pengajar berpengalaman 0,11
Factor kelemahan internal terdiri dari:
Kerja tim 0,13
Kesejahteraan karyawan 0,12
Keadaan pembiayaan 0,11
Lokasi sekolah 0,10
Sebagai konsultan Anda diminta untuk menyusun tabel IFAS, tabel EFAS, dan Positioning dari lembaga. Bagaimana rumusan strategi, pada posisi lembaga yang ditemukan, yang Anda anjurkan untuk diadopsi oleh lembaga?
Dengan catatan:
Bebas menentukan rating dengan memperhatikan kondisi lingkungan strategis.
Untuk factor peluang dan kekuatan gunakan rating 0 s/d +4 (nol s/d plus 4)
Untuk factor tantangan dan kelemahan gunakan Rating 0 s/d -4 ( nol s/d minus 4)
JAWAB:
Menurut Rangkuti, F (2009; 21) Ada tiga tahapan yang harus dilakukan oleh lembaga untuk menyusun perencanaan strategi yaitu: tahap pengumpulan data, tahap analisis, dan tahap pengambilan keputusan
A. TAHAP PENGUMPULAN DATA
Pada tahap pengumpulan data dibedakan menjadi dua , yaitu factor internal yang bersumber dari lembaga itu sendiri dan factor eksternal yang bersumber dari luar lembaga (perhatikan Tabel. 1)
TABEL 1.
DATA SWOC (Kekuatan, Kelemahan,Peluang dan Tantangan)
FAKTOR INTERNAL
|
FAKTOR EKSTERNAL
|
KEKUATAN
§ Kepemimpinan professional
§ Budaya sekolah/ lembaga
§ Akreditasi
§ Pengajar berpengalaman
|
PELUANG
§ Kepercayaan masyarakat
§ Kondisi politik
§ Permintaan pasar
§ Dukungan pemerintah
|
KELEMAHAN
§ Kerja tim
§ Kesejahteraan karyawan
§ Keadaan pembiayaan
§ Lokasi sekolah
|
TANTANGAN
§ Hiper kompetisi
§ Akses informasi
§ Krisis ekonomi
§ Subsidi pemerintah
|
Adapun model yang dipakai dalam tahap pengumpulan data, yaitu tabel IFAS dan Tabel EFAS.
1. TABEL IFAS
Tabel IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary) disusun untuk merumuskan factor-faktor strategis internal dalam kerangka Strength and Weakness lembaga (Perhatikan Tabel 2. Tabel IFAS).
TABEL 2.
TABEL IFAS
FAKTOR EKSTERNAL BOBOT RATING PERINGKAT PELUANG Kepercayaan Masyarakat 0,14 4 0,56 Kondisi Politik 0,12 3 0,36 Permintaan Pasar 0,11 2 0,22 Dukungan Pemerintah 0,08 3 0,24 SUB TOTAL 0,45 1,38 TANTANGAN Hiper Kompetensi 0,16 -1 -0,16 Akses Informasi 0,14 -3 -0,42 Krisis Ekonomi 0,13 -2 -0,26 Subsidi Pemerintah 0,12 -1 -0,12 SUB TOTAL 0,55 -0,96 TOTAL 1 0,421. TABEL EFASTabel EFAS disusun untuk merumuskan factor-faktor strategis eksternal dalam kerangka Opportunities and Threats lembaga (Perhatikan Tabel 3. Tabel EFAS).TABEL 3.TABEL EFAS
FAKTOR EKSTERNAL
|
BOBOT
|
RATING
|
PERINGKAT
|
PELUANG
| |||
Kepercayaan Masyarakat
|
0,14
|
4
|
0,56
|
Kondisi Politik
|
0,12
|
3
|
0,36
|
Permintaan Pasar
|
0,11
|
2
|
0,22
|
Dukungan Pemerintah
|
0,08
|
3
|
0,24
|
SUB TOTAL
|
0,45
|
1,38
| |
TANTANGAN
| |||
Hiper Kompetensi
|
0,16
|
-1
|
-0,16
|
Akses Informasi
|
0,14
|
-3
|
-0,42
|
Krisis Ekonomi
|
0,13
|
-2
|
-0,26
|
Subsidi Pemerintah
|
0,12
|
-1
|
-0,12
|
SUB TOTAL
|
0,55
|
-0,96
| |
TOTAL
|
1
|
0,42
|
TABEL 4.
POSITIONING DARI LEMBAGA
IFAS
|
EFAS
| ||
KEKUATAN
|
1,78
|
PELUANG
|
1,38
|
KELEMAHAN
|
-0,96
|
TANTANGAN
|
-0,96
|
RESULTAN
|
0,82
|
RESULTAN
|
0,42
|
A. TAHAP ANALISIS
1. ANALISIS SWOC
TABEL. 5
ANALISIS SWOC
Faktor internal
Faktor eksternal
|
Kekuatan (S)
S1.Kepemimpinan professional
S2. Budaya sekolah/ lembaga
S3.Akreditasi
S4. Pengajar berpengalaman
|
Kelemahan (W)
W1.Kerja tim
W2. Kesejahteraan karyawan
W3. Keadaan pembiayaan
W4. Lokasi sekolah
|
Peluang (O)
O1. Kepercayaan masyarakat
O2. Kondisi politik
O3. Permintaan pasar
O4. Dukungan pemerintah
|
Menggunakan strategi
S-O
Lembaga memiliki peluang dan kekuatan. Strategi yang perlu dilakukan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif
|
Menggunakan strategi
W-O
Lembaga memiliki peluang tapi menghadapi kelemahan internal. Strategi yang perlu dilakukan harus mampu membuat terobosan baru
|
Ancaman (T)
T1. Hiper kompetisi
T2. Akses informasi
T3. Krisis ekonomi
T4. Subsidi pemerintah
|
Menggunakan strategi
S-T
Lembaga harus merubah strategi untuk menghadapi berbagai ancaman
|
Menggunakan strategi
W-T
Posisi lembaga sangat sulit, strategi yang mungkin dapat dilakukan bertahan sampil coba menata lembaga kembali
|
2. TABEL MATRIX SPACE ANALISIS
Matrix Space Analisis digunakan untuk mempertajam analisis, dengan tujuan dapat melihat posisi dan arah perkembangan lembaga.
TABEL. 6
TABEL MATRIX SPACE ANALISIS
|
B. TAHAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN
§ Dari tahapan analisis, diperoleh Rumusan strategi terdapat pada kuadran 1 (pertama).
§ Hal tersebut sangat menguntungkan lembaga. Lembaga memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
§ Rumusan Strategi yang dianjurkan untuk lembaga adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif untuk memperoleh kemajuan secara maksimal.
DAFTAR PUSTAKA
Rangkuti (2009). Analisis SWOT Teknik membedah kasus
Bisnis . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hand Out Perencanaan Strategik Pendidikan 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar