Selasa, 22 Mei 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd. Dongeng Monyet Dan Kura-Kura


Dongeng 4.
Judul: Monyet Dan Kura-Kura
Pengarang: Anonim
Ditulis ulang oleh: Dra. ASMIDA, M. Pd
Staf Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Pekanbaru


Pada suatu kampung, terdapat due ekor binatang yang sangat akrab yaitu Monyet dan kura-kura.  Hampir tiap hari setelah bekerja, mereke pergi berjalan-jalan disekeliling kampung. Suatu hari setelah penat berjalan akhirnye mereke berhenti dikebun pisang penduduk kampung.
Mereke berdue terkagum-kagum melihat lebatnye buah pisang yang hampir masak itu. Tibe-tibe monyet dan kure-kure ingin menanam pisang, dan mereke bertaruh pisang siape yang dahulu masak.
Monyet: aku akan menanam jantung pisang biar cepat masak dan langsung  aku makan
Kure-kure: aku akan menanam anak pisang
Setelah beberape lame menanam, monyet dan kure-kurepun menengok keladang mereke
Monyet: kak kure-kure, pisang yang aku tanam sudah masak (sambil mencabut jantung pisang yang ditanamnye dan menunjukkan dengan kure-kure)
Kure-kure: hanye diam, sambil menyiram tanaman pisangnye yang sudah mulai tinggi.
Monyet: Cube dulu kak kure-kure menanam jantung pisang, pasti sudah bisa dimakan juge seperti aku
Kure-kure: terus bekerje memelihare tanaman pisangnye, yang sudah hampir tumbuh jantung pisang.
Setelah beberape lame, akhirnye tanaman pisang kure-kure masak, kure-kure sangat gembire tapi sayang die tidak bisa mengambilnye karena pohon pisangnye tinggi. Saking bahagianye kure-kure memandang kepohon pisang yang telah masak, die tidak sadar monyet telah berade didekatnye.
Monyetpun menawarkan diri untuk menolong kure-kure mengambil buah pisang yang telah masak.
kure-kure: bia aku panjat pisang kakak tu, buahnyo aku lempar kan kekakak nanti. Kakak tunggu aje dibawah.
Setelah beberape lame berpikir, akhirnye kure-kure setuju. Dengan secepat kilat monyet memanjat pohon pisang, dan .....langsung memakan buah pisang yang masak menguning ditangkainye. Monyet  lupe, kure-kure menunggu dibawah pokok pisang. Die terus memakan buah pisang tanpa mempedulikan kure-kure siempunye pokok pisang.
Kure-kure: kak, lempakanlah pisang tu untuk aku...
Monyet tidak mempedulikan panggilan kure-kure, die terus memakan sambil menengok kekure-kure.
Kure-kure: kak, kalau tak dapat buahnye lemparkanlah kulitnye..., biar aku dapat merase hasil tanaman aku tu.
Bukannye kasihan dengan kure-kure yang sudah bersusah payah menanam dan memelihare pokok pisang sehingge berbuah, malah monyet mempermainkan kure-kure
Monyet: kulitnyepun sedap sambil memakan kulit pisang yang menguning.
Kure-kurepun tak dapat becakap lagi diepun pergi menyuruk dekat tunggul kayu yang ade tak berape jauh dari pokok pisang, die sedih pisang yang selame ini dipeliharenye satu bijikpun tak dapat die rasekan, jangankan buahnye kulit aje tak dapat. Memang jahat kak monyet tu.
Setelah beberape lame monyetpun turun dari pokok pisang, die sudah kenyang satu tandan pisang habis dimakannye. Diepun memanggil kure-kure
Monyet: kure-kure dimane kakak...ujar monyet berulang-ulang
Kure-kure: ye, aku disini jawab kure-kure pelan
Akhirnye setelah penat mencari monyetpun duduk ditunggul kayu, yang dibawahnye ade kure-kure. Monyet melompat ketunggul kayu, die tidak menengok dekat tunggul ade kayu yang runcing, akhirnye monyet pun mati.

Sekianlah
22 Mei 2012






Tidak ada komentar:

Posting Komentar