Senin, 14 Mei 2012

Dra. RM. ASMIDA, M. Pd. CerpenSayang


Cerpen
Judul: Sayang
Oleh: Dra. RM. ASMIDA, M. Pd

Ini git, daftar menu wajib saye tolong kasih dengan kak minah, biar tidak nanye terus mau masak ape setiap hari, kateku  saat gita datang kerumah menengok aku, tumben tak kekantor. Sorry langsung dapat tugas gurauku. Gita hanya senyum mendengarnya, sambil mengambil kertas daftar menu dari tanganku dan..... ade yang tinggal ni, sambal belacan ujar gita sambil melenggang kebelakang, o..iye tambahkan aje .. belacan yang dipesan dari Bengkalis, trims  pekikku sambil mata tak lepas dari laptop. Kak Minah...ini daftar menu wajib dari ibu, terdengar suara gita sayup-sayup dari halaman samping rumah tempat aku sedang istirahat. Ya, terimekasih  bu Gita.
“Ya Allah …sedang tak fit aje masih semangat bekerje,  apelagi ….gita tak meneruskan cuman geleng-geleng kepale” saking asiknye mengetik tak sadar gita udah ade didekat aku. Jadi ceritanya sampai tumbang gimane bu. Semalam Gita mau kesini, mau ngajak ibu lihat konser sekalian karoke, kan udah lama kita tidak main. Tapi akhirnye gita pergi same Ina, tapi tak lame…..males aje, lihat bentar langsung pulang celoteh gita panjang lebar.
 Biase kehujanan pulang dari undangan makan malam, emangnye tak bawak mobil sampai kehujanan lanjut gita lagi. Bawak kateku sambil meneruskan ketikan, tapi parkir agak jauh, mau pakai payung…..tak suke pakai payung…. serang gita ngakak hahaha….Dasar kau git saye sangka udah lupe cerite itu,  hahaha……mane mungkin lupe….ujar gita masih ketawe. Itulah git,  perasaan masih seperti dua puluh tahun yang lalu, padahal udah hampir kepale lime hahaha….
Git, saye istirahat dulu ya. Kalau tak buru-buru mau pulang, coba kamu teruskan ketikan ini dulu, nanti kalau ada yang tak tau tinggalkan aje. Oh ya kalau ada yang mau berurusan jadwalkan aje, beberape hari ini saye mau ngantor dirumah. Oh ya Git, tau tak notaris yang bagus, tolong buat janji, saye mau jumpe. Kapan istirahatnye  bu…..Itu soal kecil.. nanti Gita carikan. Baiklah…ujarku sambil beranjak kekamar tidur.
Entah berape lame aku tertidur sampai gita balek aku tak sadar. Gitulah kalau sudah terlampau penat.  Aku beranjak kedapur menemui kak minah, mane tau ade pesan dari Gita. “Tadi gita balek jam berape kak” kateku sambil makan kolak pisang yang baru diletakkan kak minah dihadapanku. “ Udah petang juge bu, tapi die takut membangunkan ibu” Ooo …ye udah nanti saye telepon, mekasih ye kak.
Kak minah udah lame tinggal dengan aku, die sebatang kara, seluruh keluarganye hilang dalam bencana tsunami Aceh tahun 2004. Aku menemukan die sedang terlunta-lunta sewaktu aku dan teman-teman mengantar bantuan kesane.  Kini sudah hampir enam tahun die tinggal dengan aku. Die sudah seperti keluarge sendiri, orangnye baik.
“Bu, mau dimasak kan sup ayam kampung untuk malam ni”? ujar kak minah membuyarkan lamunanku. “boleh juge kak, sejuk-sejuk begini sedap makan sup” jawabku. Diluar terdengar bunyi klakson mobil, cube tengok kak siape diluar mungkin Gita singgah balek dari kantor notaris. Iya,  bu gita. Masuk git, pekikku dari dalam.
            Besok saye mau ke Lombok, mau dibelikan apa? Ha…kok mendadak ? ujar gita kaget.  Pasti sedang mau menyendiri, iyakan….rahasia banget, sampai tak boleh tau apelagi ikut. “Nanti aje sebagai kado pernikahan kamu, saye hadiahkan tiket pesawat untuk bulan madunye kesane atau ketempat lain pilih aje”
Benar nih, ee tak usah lagi mahal betul, nanti kalau ibu pesta gita tak bisa ngasih kado semahal itu. Memangnye saye ade minta kado, lagian menikah bukanlah tujuan hidup saye git, lihat nanti aje kalau ade jodoh yang sesuai dengan jalan pikiran saye, baru menikah kalau tidak ye udah. Banyak yang belum saye capai. Lembaga pendidikan yang saye dirikan masih perlu dibenahi, dan tidak boleh lari dari tujuan awal pendiriannye. Waduh…udah kemane-mane ceritenye, jadi mau dibawekan ape nih? Tumben telmi, ye udah nanti saye belikan baju aje, itupun kalau sempat belanja.
            Sudah hampir satu minggu ye kak Minah, ibu ke Lombok,  tapi tak ade kabar dari sane ye? Tanya gita penasaran saat singgah balek dari kantor. Iye bu gita, ibu memang macam tu kalau perai atau pergi kemane aje jarang betul ngasih tau keadaannye. Kak minah udah lame tinggal dengan ibu, ape pernah balek ke kampung. Setelah diam sejenak “ tidak bu gita, keluarga saye sekarang hanye ibu, saye tidak punye siape-siape lagi. Mudah2xan saye bisa menjaga ibu selamanya sampai akhir hayat saye.  
            Jangan ajari aku tentang kesetiaan, aku benci dengan kalimat itu, siape yang memulai, siape yang memulai berkhianat Van. Cube kau ingat, kejadian saat aku balek dari Australia. Kau sangke aku batu, tidak punye perasaan. Van, disane  sejuk, kau pasti tau maksud ucapanku, tapi aku tetap menjage kau dihatiku Van. Tapi ape yang aku temukan saat balek ? Sial. Kau memang bejat! Munafik.
            Aku sangke kite sudah putus, kau tidak ngasih tau mau berangkat,  ke Australia lagi. Jangan membela diri Van mau muntah aku mendengonye, sekarang pergilah tak ade yang bisa kau harapkan dari aku. Tak ade, aku bukan  seperti yang pernah kau kenal dulu, sejak kejadian itu. Datanglah kalau kau butuh aje, itupun kalau aku tidak bersame yang lain. Jangan purak-purak bebal, kau tau maksud aku. Sekarang baleklah, aku ingin istirahat.  Jangan menelepon kalau tak penting. Ingat itu.
                 Itukan suare ibu, tapi..? Belum selesai gita becakap, ibu Amelia sudah berujar duluan” kamu sudah dengar semuenyekan git? Macam orang bingung, gita mengangguk tanpa tau harus berkata ape. Sedang Kak Minah, tanpa disuruh langsung mengambil barang-barang di mobil yang dibawe majikannye dari Lombok.  
Kak minah tas merah besar bawak kesini, kebetulan gita disini jadi bisa dibawak langsung untuk die. Hei neng ini untuk awak, jangan melamun, kan sudah saye sebut dari dulu, saye bukan malaikat. Tekejut ye? Makanye jangan terlampau memuji saye. Ok saye mau mandi dan istirahat. Penat betul rasenye badan. Bu, minum dulu air lengkuasnye, sedang panas kuku ni, sudah itu baru mandi. Iye kak terimekasih.
Ibu gita mau dibuatkan juge? lanjut kak minah melihat gita yang diam saje tak seperti biase. “Tidak kak”, akhirnye gita bersuare juge, saye mau balek.  Bu Amelia….saye permisi balek, terimekasih oleh-olehnye ucap gita sambil berlalu menuju mobil. Diperjalanan menuju kerumah, bayangan pertengkaran antara bu Amelia dengan kekasihnye masih terngiang-ngiang ditelinge gita, pikirannye mulai kacau.
                 Sementare dirumah, bu Amelia berbaring dikursi panjang sambil menonton acara kesukaannye Apakabar Indonesia Malam di TV One yang dipandu Tina Talisa. Sekali kali die tersenyum mengingat ekspresi gita sewaktu mendengar pertengkarannye dengan Vano. Kejadian yang same pernah terjadi beberape tahun yang lalu, dengan Indy. Orang yang sudah dianggap keluarga  tapi membuat luka yang sangat dalam. Ucapan Indy, bagai pedang yang menghunus lubuk hati tak mampu aku lupekan sampai saat ini. Walau waktu mampu untuk memaafkan tapi waktu tidak mampu untuk melupekan.
                 Seakan tau akan kegundahan majikannye” bu, kemanepun ibu pergi bawelah orang tue ini” , kak minah berucap sambil menahan tangis. Die tau majikannye orang yang sangat baik. “Iye kak “ kate yang singkat tapi penuh dengan linangan air mate yang tertahan. Mekasih ye kak Minah.
            Kak, nanti kalau  rumah di Bali sudah bisa ditempati kite tinggal disane aje, saye ingin menikmati suasana pantai disane. Saye mau buka perusahaan disane, yang disini akan saye jual semue, termasuk rumah ini juge mau saye jual. Mudah2xan bulan depan kite sudah di Bali ye kak. Mulai besok kepaklah baju yang nak dibawak, jadi nanti tak terburu-buru.
Semenjak kejadian itu, gita semakin menjage jarak, hampir tidak ade tegur sapa seperti biasenye, kerumahpun tak pernah lagi.  Sementare ibu Amelia semakin sibuk membereskan segala proyek yang masih terbengkalai.  Seperti hari selasa  ini, die lembur membereskan semue urusan kantor. Orang yang membeli perusahaan sudah sampai di Jakarta.
              Kak minah, hari kamis kite pindah ke Bali, tadi pak banda nelpon rumah sudah bisa ditempati, semuanye sudah beres. Jumat orang yang beli rumah ni juge akan datang. Ye bu, semue barang penting juge sudah saye pisahkan tinggal memasukan aje ke koper. Terimekasih kak, saye mau istirahat dulu, penat betul badan ni.
                Ibu mau makan ape, saye buatkan. Ujar kak minah kuatir. Kak, jangan memandang saye seperti itu, saye sehat. Cuman beberape hari ini tak ade istirahat, banyak yang saye harus selesaikan sebelum kite pindah. Oh iye buat kolak pisang ajelah kak, tapi untuk saye jangan manis, sedang aje ujar ku sambil berlalu ketaman kesayanganku di belakang dan samping rumah.
               Disamping rumah inilah lokasi yang aku paling suke, banyak kenangan, inspirasi yang muncul dikepalaku saat menatap taman ini. Melihat beberape tanaman seperti lengkuas, kunyit, serai , pinang, kelape,  sompodeh udang, dsbnye, begitu pule ade pokok durian, mempelam apel yang hampir tiap saat berbuah pas didepan  kamar kerjeku pulak tu. Mudah-mudahan orang yang menempati rumah ini nantinye dapat menjagenye dengan baik.
              Ingatanku kembali beberape tahun yang lalu, saat mak masih ade, yah berkat arsitek Mak akulah,  semue tanaman ini tertata dengan cantik.  Kadang-kadang berbagai perasaan campur aduk mengingat kejadian saat semuenye masih lengkap. Pernah suatu hari saat aku balek kantor kutemui mak tak ade, wah ini pasti ditaman pikirku. Betul juge kutengok mak udah sibuk balek dengan tanamannye, bepeluh-peluh. Seni mak ni ye, ujarku saat menengok susunan pokok pinang yang baru ditanam.  Bile mak nanam, sampai dah setinggi ini, ucapku heran. “Udah lame tapi mak letakkan dulu dekat pokok lengkuas” ujar mak sambil menengok kearah aku”. “Memang hebat mak ni ye” ucapku sambil tak henti-henti memandang kagum dengan orang tue yang selalu mendampingiku dalam segala hal.
               Suatu pengorbanan yang tidak akan pernah bisa aku balas walau kering air dilautan. Walau aku telah menyediakan semua kebutuhan mak, namun itu semue hanyelah bagai setetes air di tengah lautan yang sangat luas. Aku berusahe menjage hati mak, walau kadang sebagai manusia aku juge ade berselisih paham, sampai-sampai melawan mak, tapi sesudah itu aku cepat meminta maaf. Kadang-kadang hanye masalah sepele. Yah…adek2xku yang sering lambat kalau disuruh mak, asik nonton TV. Kenangan yang tak akan terlupekan. Sekarang mereke semuanye sudah bekerje dan mempunyai kehidupan masing-masing.  
              “Bu, saye kekedai depan sekejab beli gule enau udah abis pulak ” panggil kak minah membuyarkan lamunanku. Iye kak, duit masih adekan? Ade bu, duit lebih beli jamu semalam. “Iyelah jangan lupe pagar tutup” ujarku mengingatkan,  maklum ajelah keadaan sekarang. “Kalau ade buah-buahan beli sikit untuk hari ini aje, kalau dapat pisang, kalau tak nenas untuk ulam” tambahku sambil menuju ruang keluarga. Tak terase hari udah petang. Kustel TV One TVnye bang One salah satu TV kesayanganku,  Acara Apakabar Indonesia Petang sudah mulai, mantap dibawekan oleh Sinta Puspita Sari dan temannya (duh lupe pulak namenye) membawas tentang meletusnye merapi di Sleman Yogyakarta.
              Banyak korban mulai berjatuhan diantaranye juru kunci merapi mbah marijan yang sampai akhir hayatnya tetap setia dengan janjinya untuk menjaga merapi.  Si roso itu telah pergi untuk selamanya, diantar oleh berbagai kalangan termasuk kalangan kraton Yogyakarta begitu pula dari kalangan artis antara lain Yuni Shara sang penembang lagu lawas yang sampai saat ini rasanye belum ade yang mampu menandingi. Kekasih Rafi Akhmad itu memang luar biase suaranye selain cantik.
               Aku masih melanjutkan menonton acara TV One “Apakabar Indonesia Malam” yang dibawakan sangat mantap oleh Tina Talisa, sewaktu kak minah membawe secawan  kopi dengan beberape potong rebus ubi. Kak minah besok saye berangkat ke Bandung, tibe-tibe aje saye rindu nak kesane, tolong kemaskan pakaian saye pakai koper yang kecik aje. Saye belum tau berape hari disane, kalau tidak mendesak jangan hubungi saye. “Iye bu” ucap kak minah singkat seperti biasenye.
              Aku baru mau beranjak, kekamar tidur ketike nada pesan di hp berbunyi. Kami iwit dkk sekarang di Batam mau menghadiri acaranya kak ita, kakak dimana? Pikiranku ku menerawang pade peristiwa beberape tahun silam, sewaktu aku tinggal  di Semarang. Peristiwa yang tidak mampu aku lupekan sampai kapanpun, walau waktu telah berlalu. Aku terlampau lugu.  Mungkin iringan waktu akan  memaaafkannye, entahlah tapi yang pasti peristiwa itu tidak akan pernah terlupekan. Aku hanye manusie dengan berbagai kekurangan. Satu hal yang membuat aku tidak mampu memaafkan diriku sendiri sampai saat ini, mengape aku ikut serta bersandiwara,  sewaktu beberape kawan minta tolong.
              Padahal aku sendiri adalah orang yang selalu menghindari ikut campur urusan pribadi orang lain, aku selalu ingat pesan almarhumah makku, “membicarakan orang lain, same dengan memakan daging saudara sendiri”. Namun dibalik semue itu, bile kurenungkan banyak hikmah yang kupetik. Die bukanlah sahabat yang baik. Berape banyak die telah membodohi aku, hampir dalam segala hal. Aku telah salah dalam menilai, sangat salah.
              Dengan cepat kubalas SMS, aku tidak ingin kawan2x menunggu. “Salam aje, kakak tidak bisa menghadiri, mau berangkat ke Bandung” 
Tak berape lame aku terime balasannye, sayang.

Sekianlah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar