Senin, 14 Mei 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd. Terimakasih Prof. Djaali


Terimekasih Prof. Dr. H. Djaali
Oleh: Dra. ASMIDA, M. Pd

Waktu mengumpulkan tugas akhir semester (UAS)  Prof. Zulfadil semakin dekat, tgl 25 Februari 2012 jam 16.00 wib sudah dikumpulkan di sekretariat. Berhari-hari mencoba menelaah makna dari tugas tersebut, namun tidak satupun  inspirasi yang melekat dengan tema yang diberikan yaitu: membangun pendidikan yang bermutu.
Tema tersebut, nampaknya sangat sederhana, tapi isinya menurut penulis sangat dalam. Banyak gagasan yang ingin penulis tuangkan dalam tema itu, tapi semuanya buntu. Benar-benar buntu. Seandainya laptop kesayanganku ini bisa menjerit, mungkin dia akan menjerit saking lamanya dia terbentang dihadapanku.
Dalam tumpukan pekerjaan kantor, yang semuanya harus cepat diselesaikan, datang SMS yang berbunyi “ hari Selasa, tgl 21 Februari 2012 jam 08.00 Wib, ada perkuliahan dengan Prof. Dr. H. Djaali”. Sambil meneruskan pekerjaan kantor yang kejar tayang, ku jawab sms, seperti biasanya “OK trims”.
Prof. Djaali seperti biasanya memberi perkuliahan sangat sederhana, sangat simple, tapi sebenarnya dibalik itu semua interaksi akademis yang diberikan kepada mahasiswanya sangat tajam. Interaksi akademis di perkuliahan tersebutlah yang memunculkan judul tugas karya ilmiah yang diberikan oleh Prof. Zulfadil yaitu: “Memajukan Keunggulan Daerah Suatu Alternative Membangun Pendidikan Yang Bermutu”.langsung penulis ketik di laptop. Semua yang akan ditulis terbentang begitu saje. Sambil berdiskusi singkat dengan teman yang lain dan Prof, juga sambil mendengarkan ulasan sang Prof, saya  langsung membuat garis-garis besar makalah yang akan ditulis. Alhasil Latar belakang makalah  selesai, selanjutnya tinggal merevisi.
Alhamdulillah tugas selesai tepat waktu. Lebih dari itu, ulasan Prof. Djaali masih menumpuk di kepala, yang akan terus penulis kembangkan menjadi gagasan untuk kemajuan Riau kedepan  khususnya kota Pekanbaru. Yah, membangun pendidikan yang bermutu butuh waktu, tapi harus dimulai dari sekarang. Prof, terimekasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar