Kamis, 31 Mei 2012

Dra. RM. ASMIDA, M. Pd. BELAJAR DISIPLIN SEJAK KECIL


BELAJAR DISIPLIN SEJAK KECIL
Oleh: Dra. RM. ASMIDA, M. Pd
Staf Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Kota  Pekanbaru

Belajar Diwaktu Kecil, Ibarat Mengukir Diatas Batu. Belajar Sewaktu (Setelah) Dewasa Ibarat Mengukir Diatas Air. Penggalan lagu tersebut penulis kutip untuk mengawali tulisan ini, yang penulis beri judul Belajar Disiplin SEJAK KECIL. 
Ai 
Fhoto Koleksi Pribadi

Mengape perlu disiplin sejak kecil? Gambaran dari penggalan lagu tersebut tersirat berbagai makna al: anak akan cepat menerime pelajaran yang dilihat maupun didengarnye dan langsung meniru tanpa mampu mencernanye (wajar mereke masih-masih anak-anak), kalau  kebiasaan tersebut dibiarkan ia akan terbawa sampai dewasa / besar. Ungkapan berikut merupekan suatu gambaran akan pentingnye belajar disiplin sejak kecil " dari kecil teranjak-anjak sudah besar terbawak-bawak sudah tue berubah tidak". 
Dibutuhkan kearifan pendidik dirumah khususnye untuk menterjemahkan bahasa anak tersebut.  Saye teringat ape yang dikatekan mak saye Hj. Tengku Sribanun sewaktu kemenakan saye tibe-tibe masuk kerumah tanpe tau arti kate yang diucapkan  (mencarut), dengan petah mulut comelnye mengucapkan kate-kate yang mungkin baru didengarnye di luar.  Dengan cepat mak mengganti kate-kate tersebut dengan empat, empat. Tapi die terus mengucapkan kate-kate tersebut dengan cepat dan berulang-ulang (mungkin dalam pikiran kanak-kanak lucu).   Namun mak tidak diam die mulai lagi mengucapkan satu, due tige, empat.......sambil tangan mak menggoyang goyang tangan cucunye itu,  akhirnye  riuhlah dirumah mengucapkan satu sampai empat. Akhirnye ucapan tersebut tidak pernah terdengar lagi. Itu hanyelah salah satu contoh betape cepatnye anak meniru dari lingkungan eksternalnya.  Memang dibutuhkan ketegasan pendidik, saat proses pembentukan karakter anak sejak awal. 
Seperti yang diungkapkan Dr. Syakdanur, kire-kire kalimatnye begini"sampai berape lame mereke akan menangis, tapi kite tidak akhirnye menjadi kebiasaan". Beliau memisalkan anak yang menangis meraung-raung mau ikut orang tuenye pergi kerja, supaye anak diam orang tue cendrung  memberikan sesuatu supaye anak diam".
Contoh lain belajar disiplin sejak kecil seperti membiasekan anak membuang sampah pade tempatnye, merupekan awal anak mencintai kebersihan. 
 


bersambung 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar