Sabtu, 28 April 2012

Pembelajaran Menjahit dan Bordir di LPK Bina Busana. "Kami Yang Akan Terus Menapak"

galeri fhoto keluarga besar
LEMBAGA PENDIDIKAN PUTRI TENGKU SRIBANUN (L2PTS)

Motto "Kami Yang Akan Terus Menapak"


Ayahanda H. Raja Muda Depang (alm) dan Ibunda Hjh. Tengku Sribanun (almh), saat Hari Raye di Bengkalis
fhoto. koleksi pribadi






Aku 
Raja Muda Asmida, M.Pd pakai selendang merah
, Kanda Raja Muda Sarfini 
selendang kuning  

Kanda Raja Muda Asmiwati 
selendang hijau 
(gb. berdiri), Ayahanda Raja Muda Depang, Ibunda Tengku Sribanun, Kanda 
Raja Muda Amri (gb. duduk) 
saat Hari Raye di Bengkalis





fhoto. koleksi pribadi 



Mak dan Aku saat hari raye Idul Adha di Pekanbaru (gb. kiri), aku dengan mak dan ayah saat wisuda sarjana pendidikan matematika tahun 1989 di kampus Universitas Riau (UNRI) Pekanbaru (gb. kanan)

fhoto. koleksi pribadi






Dra. ASMIDA, M. Pd
Fhoto Saat Wisuda Magister Pendidikan Matematika
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, 15 Desember 2009


Kanda Raja Muda Asmiwati, Raja Muda Darwati, Kak Mah (anak angkat mak dan ayah), Raja Muda Sarvini (gb. berdiri), Sudir, Makku dan yang paling comel duduk diujung adalah aku Dra. Raja Muda ASMIDA, M. Pd.









fhoto. koleksi pribadi



berdiri: ngah husin, ngah pulir. duduk dikursi: kanda Raja Muda Rosmani, Raja Muda Darwati. duduk di karpet:kak isur dan farida
fhoto. koleksi pribadi











Beberape koleksi kain yang masih ade di satu tempat


Fhoto koleksi Pribadi




Kain Tenun oleh2x sewaktu aku ke Medan tahun 2000
Fhoto koleksi Pribadi


Fhoto saat hari raye Idul fitri di SelatPanjang


fhoto. koleksi pribadi


fhoto. koleksi pribadi



fhoto. koleksi pribadi



fhoto. koleksi pribadi


Fhoto saat acara pernikahan Kemenakanda Andri Kurniawan



fhoto. koleksi pribadi















fhoto. koleksi pribadi


Fhoto saat acara pernikahan Kemenakanda Chychuk Suprayogi
























Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) Bina Busana
Sekretariat: Jl. Gunung Raya No. 70 Pekanbaru



fhoto. koleksi pribadi




Menjahit dan membordir dalam keluarga besar H. Raja Muda Depang (alm) dan Hj.Tengku Sribanun (almh) bukanlah hal yang baru. Ayah dan mak akan membekali masing -masing anaknye dengan sebuah mesin jahit setelah mereka menamatkan kursus menjahit kecuali saye anak bungsunye (Dra. Raja Muda Asmida, M. Pd) yang tidak berminat dalam hal tersebut. 
Guru pertame pelajaran menjahit dalam keluarge kami sebenarnye dari mak kami Hj.Tengku Sribanun (almh), dari pengamatan saye beliau mampu menjahit tanpa menggunakaan pola khusus, cukup dengan melihat postur tubuh orang yang akan dibuat bajunye, biasenye baju kurung melayu. Itu yang paling aku suke. 
Sewaktu saye kecil, baju kami hampir tidak pernah diupah dengan orang lain, kakak saye yang paling berminat  dan fokus dalam hal menjahit yaitu Raja Muda Darwati membuatkan semue baju kami baik untuk hari Raye maupun harian. Mak mempersiapkan seluruh bahan yang dibeli dari toko langganan keluarga kami yaitu toko Hindia. Hanye pade moment tertentu baju yang telah siap dibeli di toko misal saat kami ke Pekanbaru atau Bengkalis.
Sedangkan Kakak saye Raja Muda Asmiwati tidak bisa fokus karene sibuk di perusahaan selain sekolah begitu pule dengan Raja Muda Sarfini, S. Sos yang tidak fokus dalam hal tersebut.
Selanjutnye kegiatan turun temurun tersebut dilanjutkan oleh salah satu kemenakan kami yang berminat dan berbakat dalam hal menjahit dan bordir yaitu Farida, S. Pd, disamping sebagai guru menjahit di Singer, die saye percayekan sebagai pengelola (Ketua) di Lembaga Pendidikan Putri Tengku Sribanun (L2PTS) yang berdiri sejak Tahun 2011 membawahi bidang kursus menjahit dan bordir di Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) "Bina Busana ".
LPK Bina Busana bukanlah lembaga yang baru muncul seiring dengan menjamurnnya  kursus menjahit dan bordir di kota bertuah Pekanbaru. LPK Bina Busana telah beberape kali berganti name yang sebelumnya bername Kursus menjahit dan Bordir "FS" yang bertempat di Jl. Pokat Ujung Tangkerang Tengah. Setelah beberape lame berganti lagi menjadi " Tunas Baru" masih dilokasi yang same. Tahun 2008 berganti lagi menjadi LPK " Pusat Binaan Busana" beralamat di Jl. Gunung Raya No. 70 Pekanbaru. Tahun 2010 saat pengurusan izin di Dinas Pendidikan Pekanbaru setelah berdiskusi dengan seorang sahabat name tersebut berganti menjadi LPK "Bina Busana".
Buat sementare karene terbatasnye berbagai sarana dan prasarana kegiatan L2PTS khususnye LPK Bina Busana masih difokuskan disekretariat Jl. Gunung Raya No. 70 Pekanbaru dengan waktu belajar Hari Sabtu siang dan Minggu.











Kegiatan pembelajaran di LPK "Bina Busana" saat di lantai Dasar





fhoto. koleksi pribadi







Untuk pertame kalinye atas name L2PTS, pengelola LPK"Bina Busana" dan PKBM "Pucuk Rebung Berkaluk Pakis" yaitu Farida, S. Pd dan Elfasusanti Husman mengikuti workshop manajemen lembaga Nonformal sekota Pekanbaru di Hotel Mutiara Merdeka Th 2011 






Pengelola L2PTS saat mengikuti workshop manajemen lembaga Nonformal sekota Pekanbaru di Hotel Mutiara Merdeka Th 2011







fhoto. koleksi pribadi




Pengelola L2PTS (Elfasusanti Husman,  Farida, S. Pd), Dra. ASMIDA, M. Pd bersama Nara Sumber Gamal Lubis, M. Pd


fhoto. koleksi pribadi




Papan nama Tunas Baru belum  diganti ke LPK " Bina Busana" mengingat tempat belum permanen





fhoto. koleksi pribadi



Beberape aset LPK "Bina Busana" yang belum dibenahi karena mengingat tempat belum permanen






Selain LPK "Bina Busana", Lembaga Pendidikan Putri Tengku Sribanun juga membidangi: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) " Pucuk Rebung Berkaluk Pakis" dengan program: life skill, keaksaraan, kelompok belajar usaha (KBU), Taman Bacaan Masyarakat (TBM) " Pucuk Rebung Berkaluk Pakis" serta PAUD" Pucuk Rebung Berkaluk Pakis". Khusus untuk PAUD memang belum dimulai same sekali tapi direncanakan berlokasi di Selat Panjang kabupaten kepulauan Meranti yang pengelolaannye dipercayekan kepade kemenakanda Chychuk Suprayogi dan Anggraini Pawesti yang dikomando langsung oleh kakanda Raja Muda Asmiwati.



3 komentar:

  1. Alamat tempat kursus jahitnya dimana ibu?

    BalasHapus
  2. Hai Guys mau kursus singkat Hotel langsung kerja???? Kini hadir Lansima Hotel Course ( LHC ). Penempatan kerja cepat & terjamin di hotel bertaraf internasional di dalam negeri dan di luar negeri seperti: Intercontinental Hotel, Oberoi Hotel, Moevenpick Hotel, Crown plaza Hotel dll. Info lanjut browse www.kursushotel.com Hubungi ibu Ningsih 089693945521 atau E-mail ningsih@kursushotel.com Segera Raihlah Kesempatan Kerja & Karier di Hotel Internasional.

    BalasHapus