Selasa, 20 November 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd. Cerpen judul:Kalau tidak mau berkelahi dengan macet


Cerpen

Judul: Kalau tidak mau berkelahi dengan macet

Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd
Staf Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru


Gelisah mungkin ini ungkapan hatiku saat ini, seperti judul lagu Ahmad Jais yang aku senandungkan pelan di ruang sempit disudut kota panas yang semakin tidak bersahabat. Entah mengapa beberape hari ini tak ade yang kene, yang dapat tergambarkan dengan baik. Semuenye campur aduk, galau kalau memakai istilah kawan reporterku.
Lagu Ahmad Jais masih menyeruak dalam lubuk hati, begitu juge dengan lagu lain yang dinyanyikan   beberape penyanyi lainnye seperti: p.ramlee, a. ramle, syarifah aini, rafeah buang, kartina dahari, uji rashid, dj.dave memenuhi sudut sempit dalam segitiga bisu, penyanyi yang tak lapuk oleh hujan dan tak lekang oleh panas. Penyanyi dulu secara umum mempunyai jiwe, baik penyanyi luar maupun lokal. Memang karya yang diciptakan dengan kesungguhan hati, dengan jiwa, tetap sedap sampai bilepun.
Kulirik jam kesayanganku, perjalanan hari ini terase agak lambat, putaran jam tak mampu menggeserkan makna hakiki dari untaian jalan jam yang semakin tidak berarti. Azan telah memanggil, namun pikiranku masih berkeliaran dikota yang semakin tidak menentu ini, entahlah. Tak satupun karya yang mampu kuukir dengan sempurna beberape hari ini, terbengkalai, begitu pule hasil jempretan kamera tidak mengene, pokoknye tidak ade yang mantap, untung sekarang era digital jadi tidak terlampau banyak abis modal, kalau pade zaman pakai film dulu bisa tekor.
Kucube lagi mengarahkan beberape moment, tapi...tetap tak bernyawe. Bagi orang awam mungkin sudah sangat bagus, tapi tidak dengan aku, maklum aje dekat tige puluh tahun lebih rasenye sejak duduk di bangku SMP aku telah berkutat dengan dunia fhoto memfhoto, salah satu hobiku, sementare waktu itu sekitar tahun tujuh puluhan hanye beberape orang yang punye kamera, yah...wajarlah bukan nyombong tapi ninggi sikit hehehe....kalau aku lebih paham masalah ini.
Jingganye senja terus menemani perjalanan siang menuju malam, yang semakin cantik dengan gemerlapnya lampu fly over yang memukau dihiasi ornamen kombinasi kultur melayu dan modernisasi disetiap sudutnye. Aku harus cepat ke vilaku, kalau tidak mau berkelahi dengan macet.

Sekianlah.
Pekanbaru,  20 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar