Sabtu, 03 November 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd; Cerpen:Sepetang Hatiku


Cerpen.
Judul: Sepetang Hatiku

oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd
Staf Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru

Sepetang Hatiku

Gejolak bara itu masih aku rasekan, menghimpit sesak nafasku,  saat terakhir kita bersame. Aku yakin dialam sane kau pasti ingat, saat itu kau baru datang dari ujung kota ini, setelah beberape lame tidak pernah bersame, “mau kemane”, ucapmu seperti biasenye sambil tangan  merengkuh tubuhku yang baru selesai mandi. Aku menggeliat seperti biasenye, “sekejab….. tak sampai setengah jam… kawan perusahaan cabang di Papua mau kerumah, ade yang mau ditande tangan, habis datang tak ngasih tau” ucapku sambil mengeringkan ujung-ujung rambutku dengan tangan.
 “Memang die tau, jalan kesini”, taulah, kan ade Yuli dengan Adi ngantarkan, tadi akukan tak ngantor sayang, makenye die kerumah, besok sudah harus berangkat ke Papua. Ooo patutlah baru mandi,……itu baju mandi warna merah corak putih yang dulu? Aku hanye mengangguk, mengiyekan pemberiannye beberape tahun yang lalu. “ masih cantik ye” ucapnye, “iyelah orangnye aje yang udah banyak minus, tidak seperti dulu lagi, udah beruban”, ucapku seenaknye sambil memakai pakaian kebesaranku,  biase jeans dan kemeja longgar putih dipadu dengan jilbab merah, sambil berlalu keruang tamu.
Tak lame mereka datang selesai urusan langsung balek seperti biasenye, lagian mereka tau aku bukan tipe orang yang suke bercerite tak menentu, kebiasaan dari kecik sudah begitu,  ditambah lagi mak selalu mengingatkan agar kami jangan suke membicarakan hal ihwal orang lain nanti kebiasaan sampai tue.
Dan…….tanpa kompromi tangan itu kembali menarik tanganku yang baru aje membuke pintu, dan…..mengangkat tubuh yang sudah mulai goyah, kemelut kehidupan yang bagai tidak henti menambah semakin lemah. “Memang masih kuat”? Tidak ade jawaban, seperti biasenye, tubuhku yang tidak sekokoh dulu lagi, hanyut dalam pembaringan bisu, berlayar bagai puluhan tahun lalu, bernyanyi dalam liukan tarian zapin dan menghentak bagai tarian bunyian, dalam terangnya siang dan gelapnya malam, bersame menelusuri setiap lekuk dalam  himpitan  butir-butir embun yang tak pernah kering.  
Semua itu tinggal kenangan hanyut dalam nafas cinta dan gejolak jiwa yang bagai terbenam, pergi bersama, hempasan birunya laut, selamanya membawa luka yang dalam, pergi bersame kemelut yang bagai tak henti-henti menyirami pohon rindu. Tidak ade yang bisa ditanye,  semua membisu bagai pekatnya gelap malam. Tidak tau ape sebenarnye telah terjadi, Ya Allah luke apelagi ini…..
Bertahun telah berlalu sejak kau pergi dengan diam, sementare aku membenamkan diri dalam berbagai aktivitas disuatu pulau sunyi, hingga kabar duka itupun datang. Ya Allah, tolong aku. Kini, yang kutemui di panasnya kota gudeg, hanya jasadnya telah terbaring kaku didalam gundukan tanah yang masih merah. Kuhelus lembut cintaku, aku tau dan rasekan die dekat denganku, hembusan semilir angin lembut menyapa diri, kubiarkan. Aku tersenyum menengadah ke langit dan aku yakin die juge tersenyum denganku dari sane.
Buk, panggil Adi membuyarkan lamunanku. “Kite harus berangkat ke Bandara sekarang, nanti macet”. Ujar Adi membuyarkan lamunanku, Iye, terimekasih”, ucapku singkat sambil tanganku tak lepas membelai gundukan tanah merah orang yang kucintai dan akan tetap kucintai sampai aku mati. Kucium lembut dan kupeluk erat nisan orang yang bertahun hilang dari pandanganku, tidak pernah ku dengar beritanya dan kini….ya Allah kuatkan aku, tolong aku ya Allah……..Air mate tumpah tanpe mampu aku bendung, kini semuenye telah hilang kau bawe pergi, semuenye…isakku tertahan. Aku berdiri dibantu Adi dan Yuli orang kepercayaanku berangsur meninggalkan pemakaman menuju Bandara Adi Sucipto Jogja. Hari semakin petang, sepetang hatiku.
Sekianlah
3 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar