Senin, 24 September 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd. Cerpen: Dalam nyanyian tak terlepaskan

Cerpen.
Judul: Dalam nyanyian tak terlepaskan

Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd
Staf Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru

Belum lepas hausku saat kini engkau harus pergi lagi dan entah bile kembali, entah bile berjumpe lagi. Saat yang seharusnye dapat kite nikmati bersame tidak sepenuhnye terwujud, rindu kite masih membara, aku bisa rasekan itu. Aku juge masih haus, aku ingat saat  kau memandangku disela-sela berbagai kesibukanku beberape hari ini bersame beberape keluarga yang kebetulan juge datang dan sudah lame tak berjumpe. Kesibukan masing-masing apelagi dilain daerah menjadikan momen ini sebagai ajang untuk berbagi cerita situasi daerah masing-masing.
Kebahagiaan itu semakin berbunga saat kau hadir dari seberang sane pulau yang jauh tanpa memberitahu dulu (tapi aku sudah punye firasat kau akan datang hidupku). Darahku bergemuruh tidak tau ape yang mau dikatekan, kau genggam tanganku erat dengan tatapan yang tak pernah lepas, masih tatapan yang dulu. Setelah bercerite sekadarnye kaupun permisi istirahat masuk keruangan kerje kite yang dilengkapi dengan berbagai koleksi dari berbagai daerah terutame buku, peralatan musik, dan kamera. Aku memang suke membace sambil mendengarkan musik, kebiasaan sejak kecil sampai sekarang begitu pule dengan kamera semenjak SMP aku telah mahir menggunekannye dalam berbagai acara disekolah maupun luar sekolah lumayan untuk menambah duit belanje khususnye walau atas kemauan sendiri.
Makcik istirahatlah malam nanti baru  jalan-jalan nengok Riau Expo, siape yang belum makan....makan dulu baru berehat, ucapku same makcikku dan beberape anggota keluarga yang  datang dari Batam, "iyelah kami guling dekat depan TV aje" ucap makcikku sambil menarik bantal besar yang memang terletak depan TV di ruang tamu untuk rebahan . Sebelum berlalu kekamar kerje untuk istirahat, ku sempatkan meraih remod untuk menghidupkan TV dan kipas angin maklum Pekanbaru sangat panas dan bertambah panas beberape hari ini.
Aku masuk kekamar yang merangkap ruang kerje dimane belahan jiwaku sudah menunggu dari tadi, saat melihat sekitar....... dan dari arah belakang die merangkulku seperti biasenye saat kami masih dikota yang same....serta.......aku merasekan lagi kehangatan itu yang sudah beberape lame hilang.....bersame hempasan laut, kini hadir kembali dalam deburan ombak yang saling menyapu putihnye hamparan pasir pantai. Itu masih die, ye masih die, aku bisa rasekan, rengkuhan nyanyian rindu yang membara same membara seperti aku.
Lamekan? tanyeku sambil tetap bergelayut dalam pelukannye, di menggoyang-goyangkan tubuhku seperti biase, die tidak becakap ( tapi puluhan tahun bersame aku cukup paham die tidak bisa lame ), tangannye langsung merengkuh tubuhku erat menariknye kekursi  sova didepan TV yang cukup untuk kami berdue begitu pule aku memeluknye dengan kuat kemudian...die merenggangkan pelukan sambil memandangku lalu menyapu lembut tiap sudut wajahku seperti biasenye. Sambil mematikan rokok yang masih terselip ditangan, die kembali merengkuhku ......dan......dengan sedikit waktu yang tersise kite kembali melepas rindu dalam nyanyian tak terlepaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar