Rabu, 19 September 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd. Cerpen: Jangan Menangis


Cerpen
Judul: Jangan Menangis 
Oleh: Dra. ASMIDA, M. Pd
Staf Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru


Kuletakkan motor kepinggir jalan seiring ade pesan masuk di BB ku, kucube membace tulisan yang  sudah tidak jelas kabur oleh hujan  air mate yang dari tadi cube aku tahan. Aku hapus air mate yang memang tidak bisa aku bendung lagi perlahan, persetan dengan orang dijalan menengok, memang mereke siape mau tau urusan aku. 
 Via mengirim gambar lucu, tidak biasanye die seperti itu, aku yakin die sedang sedih atau ade masalah yang sangat berat.  Sambil berpikir ape yang terjadi dengan via, iseng kukirim gambar ke sahabat kecilku, tak berape lame dibalasnye dengan simbol orang  terpingkal-pingkal ketawa dan menanyakan sedang mengapa gambar tu rekan Reporter.
Dengan enteng sambil menghapus air mate yang masih mengalir, kujawab “ dari hasil pengamatan dan fenomena yang ada, orang tu bosan hidup setelah itu “Astagfirullah” kemudian kubuat gambar orang ketawa terpingkal-pingkal lalu kukirim”.  Tak berape lame sahabat kecilku menjawab dengan  “Astajim”.
 Lalu kubalas dengan menuliskan “sodeh (sedih) yang diiringi gambar orang sedih dan ketawa” lalu kukirim. Diujung kota panas ini sahabat kecilku memang tidak tau bahwa aku benar-benar sedang sedih dan sangat kecewa. Kemudian ia menjawab lagi “gilak lu rekan reporter”, kubalas dengan gambar orang ketawa beberape kali lalu kukirim, terakhir kukirim gambar bendera merah putih yang sedang berkibar entah sampai kapan. 
Oh ye, rekan reporter, panggilan sahabat kecilku kepada aku, semenjak kami menjadi reporter dadakan dibeberape lokasi wisata mulai dari Bandung sampai Jakarta beberape bulan yang lalu tepatnye bulan Juni 2012, terakhir aku berjumpe dengan sahabat kecilku yang pintar dia mengingatkan kembali cara memasukkan fhoto ke facebook, sebenarnye aku sudah bisa tapi lupe hehehe.... Maklum aku tidak suke berfacebook.
Aku belum menemukan ape yang terjadi pade satu-satunye sahabat terbaik yang pernah kumiliki (mudah-mudahan seterusnye) saat kuhidupkan mesin motorku dan tancap gas tanpa melihat kiri kanan seperti kebiasaanku, melaju melalui fly over yang baru beberape waktu lalu dibuka untuk uji coba. Aku meneruskan perjalanan mengitari kota panas Pekanbaru yang semakin panas dan memanas. Hening………….., hampa……………….., bagai sepinya jalan-jalan yang kutelusuri dalam damai tapi gersang, diantara lambaian beberape pokok yang masih bertahan hidup atau dipertahankan hidup oleh orang yang berkuasa menebangnye, entahlah.
Entah jam berape aku sampai dirumah, tidak aku pedulikan siapepun, aku ingin menyendiri dan mencube menata otakku untuk tidak terlampau berlarut – larut dalam kesedihan, tapi itu hanye teori karena aku tetap sedih. Seluruh sendi ku lunglai, aku tidak tau harus berkata apa semuanye musnah, walau aku telah berusaha menahan derasnya hujan air mata namun bendungan itu bobol juge. 
Besok kau akan pergi, aku sendiri menata langkah yang tertatih, dan mencoba berdiri diantara berbagai rintangan yang entah bile akan selesai, Astagfirullah…… Aku tidak tau bile kau akan balek, dade ini rase sesak banyak yang ingin aku katekan tapi tidak terucap. 
Kurebahkan badan untuk berehat sekejab sementare dikamar kerjeku tumpukan kegiatan belum ade yang betul-betul selesai. Mudah-mudahan aku bisa fokus,  banyak pekerjaan yang harus kejar tayang apelagi dalam menyambut perhelatan besar  PON ke XVIII di Riau yang akan dibuka langsung oleh Presiden RI bapak Dr. Susilo Bambang Yudhoyono pade tanggal 11 September 2012. Sukses PON adalah sukses Riau. Untunglah tugas kuliah Profesor berupe makalah hampir 75 % selesai, namun harus aku revisi lagi banyak penulisannye yang masih kacau. 
 Pikiranku kembali ke via ade ape dengan die, apekah semue sehat-sehat saje? atau.....Ya Allah ...apekah ...pikiranku melayang ke mak yang saat aku kesane beberape waktu yang lalu sedang sakit parah. Secepat kilat aku tegak mengambek HP yang  ade dimeja bace tak berape jauh dari tempat tidurku. Kutelpon berulang ulang kali sampai diangkat, dugaanku betul dari seberang terdengar sayup dan hampir tak terdengar diantare isak tangis yang tertahan "mak meninggal", kemudian hening............. seperti hening nye hatiku. Dengan sisa tenage yang masih ade kulupekan sakitku sendiri, aku  langsung berangkat kerumah duka. Jangan menangis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar