Selasa, 25 September 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd. Mengenal ALZHEIMER


Mengenal ALZHEIMER
Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd
Staf Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru


Tertarik dengan judul  yang ditulis Kompas terbitan Selasa, 25 September 2012 halaman 14, tentang Alzheimer  Terjebak di Ruang Kosong, yang terletak di tumpukan berbagai koran lokal tak berape jauh dari meja makan, menahan penulis untuk tidak masuk keruang keluarga selesai makan malam, tapi tetap di ruang makan  dan mengambil posisi  sambil bersandar dan tentunye melunjurkan kaki di kursi panjang dan mencobe menelusuri  tiap detil ulasan tentang permasalahan yang disajikan tersebut.
Setelah memahaminye, penulis sampai pade suatu kesimpulan bahwa alzheimer atau yang sering kite sebut pikun merupekan suatu penyakit yang tidak menular yang pade umumnye diderita oleh orang yang telah tua usia diatas 65 tahun. Hal senada juge dinyatakan dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Alzheimer#Pencegahan  diakses 25 September 2012, menyatakan bahwa penyakit Alzheimer paling sering ditemukan pada orang tua berusia sekitar 65 tahun ke atas.

Namun demikian ade juge yang tidak terkene penyakit pikun tersebut, salah satu contoh mak penulis Hjh. Tengku Sribanun (almh) sampai akhir hayatnye hampir berusia 100 tahun tetap mempunyai ingatan yang kuat begitu pule dengan fisik (tentunye tidak bisa kite samekan dengan fisik orang muda). Hal ini penulis amati saat mak mulai sakit, mak saye tidak mau ditolong kebelakang misal kalau mau kekamar mandi, die mau pergi sendiri tidak mau dipimpin. Due hari terakhir saat beliau mau pergi untuk selamenye, beliau sering menanyekan hari dan tanggal berape sekarang, padehal karene berbagai kesibukan  biasenye penulis yang sering bertanye “mak tanggal berape sekarang” dan mak tanpa melihat kalender masehi bisa menjawab dengan betul, biasenye penulis menanggapi dengan ucapan "mekasih ye mak dan selanjutnye hebat mak ni ye". Disitulah penulis sadar tak lame lagi orang yang penulis cintai dan sayangi, yang tetap  mendampingi penulis dalam segala suka, duka dan berbagai kemelut hidup, yang tak akan mampu penulis lukiskan dengan untaian kata-kata atau bahasa apapun, akan pergi untuk selamanya. Walau penulis sudah berusahe memberikan yang terbaik buat mak, namun itu hanye bagai setetes air di laut luas, jase mak, pengorbanannye tidak akan pernah mampu penulis tebus walau kering air di lautan.  

Bagi keluarge yang orang tue atau anggota keluarganye ade yang terkene penyakit pikun, mengingat mereke sudah kembali seperti anak-anak, sebaiknye anggota keluarga tidak membiarkan penderita sendiri,  harus ade pengasuh khusus untuk menghindari hal-hal yang tidak diingini, jauhkan mereke dari hal yang berbahaya seperti korek api, air panas dan sebagainye.

Adepun tanda-tanda mengenal Alzheimer atau penyakit pikun berdasarkan pengamatan dan wawancara tidak terstruktur dengan beberape kawan yang orang terdekatnye terkene penyakit tersebut, yang sering kite temui antara lain sebagai berikut:
1.       Penderita tidak lagi mengenal orang yang pernah dekat dalam kehidupannye atau orang yang paling disayangi baik dalam keluarga maupun tidak.
2.       Penderita kembali seperti bayi yang semue tergantung oleh orang yang menyayanginye atau orang yang mengasuhnye untuk segala aktivitas yang sebelum penyakit tersebut die bisa melakukan sendiri.
3.       Penderita kembali seperti anak-anak yang tidak tau baik buruk yang mereka lakukan malahan ade  penderita bermain-main dengan kotorannye sendiri seperti anak-anak yang lepas dari pengawasan orang tue atau pengasuhnye.
4.       Penderita sering berhalusinasi, misal: seorang penderita menyuruh anaknye memanggil ibu /ayah untuk makan padehal sang istri/suami sudah lama tiada, kasus lain ditandai dengan seringnye  sipenderita menganggap anak-anaknye masih kecil dan mempersiapkan segale keperluan anaknye.
5.       Penderita pade dasarnye sudah tidak ingat lingkungannye.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini dapat menambah sedikit wawasan kite untuk mengenal ALZHEIMER.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar